Berfungsi Sebagai Alat Isyarat dalam Keadaan Darurat, Flare Dijual di Toko Online Rp50 Ribuan

Sabtu, 09 September 2023 - 11:35 WIB
loading...
Berfungsi Sebagai Alat Isyarat dalam Keadaan Darurat, Flare Dijual di Toko Online Rp50 Ribuan
Flare atau suar memiliki fungsi spesifik dan harus digunakan dengan sangat hati-hati. Foto: Adobe Stock
A A A
JAKARTA - Buntut dari pemotretan prewedding menggunakan flare , kawasan wisata Gunung Bromo ditutup sementara. Ini terjadi setelah ada kebakaran di area Bukit Teletubbies di area yang sangat luas.

Tapi, sebenarnya apa sih hand flare atau suar/cerawat? Apa kegunaan aslinya?

Cerawat atau flare masuk dalam kategori kembang api. Benda ini biasanya digunakan sebagai alat isyarat dalam keadaan darurat. Suar atau cerawat digunakan untuk menghasilkan api di udara terbuka. Suar biasanya terbuat dari bahan yang mudah terbakar, seperti kayu, kertas, atau kain.

Berikut beberapa fungsi suar yang perlu dipahami:

1. Penerangan

Suar dapat digunakan untuk memberikan penerangan di malam hari atau di tempat yang gelap. Suar dapat digunakan oleh orang-orang yang sedang mendaki gunung, berkemah, atau melakukan kegiatan di malam hari. Suar juga dapat digunakan oleh petugas pemadam kebakaran atau petugas SAR untuk mencari korban di malam hari.

2. Sinyal

Suar dapat digunakan untuk memberikan sinyal kepada orang lain, seperti untuk meminta pertolongan atau untuk memberi tanda. Suar dapat digunakan oleh orang-orang yang tersesat atau yang membutuhkan bantuan. Suar juga dapat digunakan oleh kapal laut atau pesawat terbang untuk memberikan sinyal kepada kapal atau pesawat lain.

3. Peringatan

Suar dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada orang lain, seperti untuk memperingatkan bahaya atau untuk mengarahkan orang ke tempat yang aman.


4. Perayaan

Suar dapat digunakan untuk merayakan acara-acara tertentu, seperti pesta pernikahan atau pesta ulang tahun. Suar memang dapat digunakan untuk menambah kemeriahan acara tersebut.

Pada intinya, suar atau cerawat harus digunakan dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya kebakaran atau ledakan. Suar harus ditempatkan di tempat yang aman dan jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. Suar juga harus dimatikan setelah digunakan.

Dari pengamatan SINDONews, suar memang diperjualbelikan bebas di marketplace. Harganya pun sangat murah, yakni mulai Rp50 ribuan hingga Rp200 ribuan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)