Fenomena Super Langka, Komet Nishimura Akan Melewati Bumi

Sabtu, 09 September 2023 - 16:52 WIB
Fenomena Super Langka, Komet Nishimura Akan Melewati Bumi
Komet Nishimura akan melintasi belahan bumi utara pada Minggu, 12 September 2023. (Foto: NASA)
JAKARTA - Fenomena super langka akan menghiasi langit pada bulan ini. Untuk pertama kalinya sejak 435 tahun, Komet Nishimura akan melewati Bumi dan menerangi langit malam.

Diperkirakan komet Nishimura akan melintasi belahan bumi utara pada Minggu, 12 September 2023 dan melintas dalam jarak 78 juta mil dari permukaan bumi.

Dikutip dari USA Today, Sabtu (9/9/2023), The Planetary Society menyebut jika komet Nishimura belum pecah oleh Matahari, maka kemungkinan dapat disaksikan di Belahan Bumi Selatan pada 18 September.

Komet Nishimura pertama kali terlihat di Jepang oleh seorang astronom amatir. Lantaran itu komet tersebut dinamai menurut namanya.

Hideo Nishimura mengambil eksposur 30 detik pada malam tanggal 11 Agustus 2023 ketika kamera digitalnya menangkap keberadaan komet yang bersembunyi di balik suar matahari.

Penemuan komet Nishimura dikonfirmasi oleh Persatuan Astronomi Internasional beberapa hari kemudian.

C/2023 P1 Nishimura adalah penemuan ketiga Nishimura, yang sangat tidak biasa mengingat banyaknya survei langit profesional yang dilakukan oleh teleskop darat yang kuat.

Cara melihat Komet Nishimura

Meski kemungkinan besar komet Nishimura dapat terlihat dengan mata telanjang, namun akan sangat redup.