Spesifikasi Challenger 2, Tank Tempur Canggih Inggris yang Dipasok ke Ukraina

Senin, 11 September 2023 - 14:02 WIB
loading...
Spesifikasi Challenger 2, Tank Tempur Canggih Inggris yang Dipasok ke Ukraina
Challenger 2 merupakan tank tempur utama tentara Inggris yang dikirim ke Ukraina. Foto/Military Today
A A A
JAKARTA - Tank Challenger 2 menjadi salah satu persenjataan yang dikirim ke Ukraina sebagai bagian bantuan militer. Keberadaannya diharapkan bisa mendukung kekuatan Kiev untuk bertempur dengan Moskow.

Sekadar informasi, Challenger 2 merupakan tank tempur utama tentara Inggris. Mereka dirancang sebagai penghancur tank lawan dan memiliki pengalaman operasi di berbagai medan konflik.

Tak kalah dengan deretan tank-tank kenamaan milik negara besar lain, Challenger 2 juga mempunyai perlengkapan canggih dan kemampuan yang mengerikan. Lebih jauh, berikut spesifikasi dari Challenger 2 yang bisa disimak.

Spesifikasi Tank Challenger 2


Challenger 2 adalah tank tempur canggih yang dirancang BAE Systems Land. Pada pengembangannya, tank ini ditujukan untuk menggantikan MBT Chieftain.

Mengutip laman Army Technology, Senin (11/9/2023), Challenger 2 mulai beroperasi bersama Angkatan Darat Inggris pada 1998. Tak hanya itu, tank ini juga turut digunakan oleh Oman.



Pada dapur pacunya, Challenger 2 dibekali mesin diesel Perkins Caterpillar CV12. Mesin ini bisa memberikan tenaga hingga 1.200 HP.

Tank tempur ini bisa mencatatkan kecepatan tertinggi di darat hingga 59 km/jam dan 40 km/jam di lintas alam. Sementara itu, jarak tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer untuk perjalanan darat.

Melihat kemampuannya, Challenger 2 menjadi salah satu tank yang paling tangguh di dunia. Kendaraan tempur ini memiliki tingkat perlindungan diri yang mumpuni, termasuk menahan serangan senjata api secara langsung.

Pada bagian turret, ada perlengkapan berupa armor Chobham generasi kedua. Selain itu, ada juga pelepas granat buatan Thales AFV Systems di setiap sisi menaranya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)