Monumen Batu Misterius Ditemukan di Arab Saudi, Terdapat Sisa Tulang Manusia dan Hewan

Rabu, 13 September 2023 - 14:24 WIB
loading...
Monumen Batu Misterius Ditemukan di Arab Saudi, Terdapat Sisa Tulang Manusia dan Hewan
Para arkeolog menemukan monumen batu kuno di Arab Saudi, termasuk ribuan tulang binatang serta sisa-sisa tulang manusia. Foto/RCU/Live Science
A A A
RIYADH - Para arkeolog menemukan monumen batu kuno di Arab Saudi , termasuk ribuan tulang binatang serta sisa-sisa tulang manusia. Sisa tulang hewan yang ditemukan di monumen batu kuno yang dikenal sebagai mustatil itu berumur sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Lebih dari 1.000 struktur batu persegi panjang prasejarah yang disebut mustatil (persegi panjang, dalam bahasa Arab) telah didokumentasikan di Arab Saudi. Namun, kapan dan mengapa bangunan tersebut dibangun masih menjadi misteri.

Penemuan ini menunjukkan bahwa orang-orang berkumpul di bangunan batu untuk melakukan ritual dan aktivitas di Arab Saudi sekitar 7.000 tahun yang lalu. Ritual ini tampaknya termasuk menyetorkan tanduk dan tengkorak binatang.



Pada tahun 2018, Komisi Kerajaan untuk AlUla, sebuah wilayah di barat laut Arab Saudi, meluncurkan proyek untuk mendokumentasikan dan mempelajari mustatil dan peninggalan arkeologi lainnya di wilayah tersebut. Mustatil yang baru digali berukuran 40 kali 12 meter, tebal dinding batunya mencapai 2 meter, tetapi tinggi asli dinding tersebut yang telah terkikis tidak jelas.

Monumen Batu Misterius Ditemukan di Arab Saudi, Terdapat Sisa Tulang Manusia dan Hewan

“Di tengah halaman di dalam mustatil, terdapat sebuah bangunan yang mungkin berfungsi sebagai tempat suci, dengan dua perapian tempat upacara mungkin dilakukan,” tulis para arkeolog dalam makalah yang diterbitkan suplemen jurnal Proceedings of the Seminar Studi Arab pada Agustus 2023.

Di dalam mustatil, para arkeolog juga menemukan lebih dari 3.000 fragmen sisa-sisa hewan yang beratnya sekitar 25 kilogram. Sisa-sisa hewan tersebut antara lain ratusan cula dan kepala hewan, termasuk sapi dan caprine seperti kambing.

“Sedangkan t ulang manusia yang ditemukan di mustatil berasal dari setidaknya sembilan orang. Terdiri dari dua bayi, lima orang dewasa, seorang remaja atau dewasa muda, dan seorang anak-anak,” kata Wael Abu-Azizeh, profesor arkeologi junior di Universitas Lumière Lyon 2, kepada Live Science, Rabu (13/9/2023).



Jenazah manusia berasal dari beberapa abad setelah tulang hewan ditempatkan di mustatil. “Ini adalah penguburan kolektif dan tidak jelas apakah orang-orang yang dikuburkan di sana ada hubungannya dengan pembuat mustatil tersebut,” tambah Abu-Azizeh.
Monumen Batu Misterius Ditemukan di Arab Saudi, Terdapat Sisa Tulang Manusia dan Hewan


Tidak jelas mengapa mustatil diciptakan dan menyimpan begitu banyak tulang binatang. Dalam makalah tahun 2021 yang diterbitkan di jurnal Antiquity, para peneliti berpendapat bahwa mustatil mungkin merupakan bagian dari "pemujaan ternak" di wilayah tersebut.

Namun, Abu-Azizeh tidak setuju dengan gagasan ini dan mencatat penggalian yang dilakukan tim menemukan bahwa tulang sapi hanya menyumbang sebagian kecil dari sisa-sisa hewan di situs tersebut. Mustatil tersebut akan menjadi bagian dari KTT Arkeologi Dunia AlUla yang akan berlangsung pada 13-15 September 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)