Intip Spesifikasi Jet Tempur Baru Militer AS, Spesialis Perusak Radar Musuh

Kamis, 14 September 2023 - 15:04 WIB
loading...
Intip Spesifikasi Jet Tempur Baru Militer AS, Spesialis Perusak Radar Musuh
Armada EC-37B akan menggantikan pesawat EC-130 milik Komando Tempur Udara yang sudah uzur. (Foto: Defense News)
A A A
JAKARTA - Angkatan Udara Amerika memiliki armada baru, EC-37B Compass Call. Unit pertama dari 10 jet tempur ini baru saja diserahkan oleh kontraktor BAE Systems dan L3Harris pada Selasa, kemarin. Armada EC-37B akan menggantikan pesawat EC-130 milik Komando Tempur Udara yang sudah uzur.

EC-37B Compass Call dirakit di Hudson, New Hampshire, mengintegrasikan perangkat khusus ke dalam jet bisnis Gulfstream G550.

Jet tempur EC-37B Compass Call akan melakukan berbagai misi peperangan elektronik untuk mengganggu sinyal musuh, termasuk sistem komunikasi, radar dan navigasi. BAE mengatakan hal ini termasuk menekan pertahanan udara musuh dengan memblokir kemampuan mereka untuk mengirimkan informasi antara sistem senjata dan jaringan komando dan kontrol.

Dikutip dari Defense News, Komandan ACC Jenderal Mark Kelly mengatakan kemampuan jamming EC-37B Compass Call akan melindungi kapal dan pesawat dari serangan musuh dan memungkinkan untuk lebih dekat dengan target.



“Misi dan kemampuan EC-37B Compass Call tidak akan jauh berbeda dari EC-130,” kata Kelly.

Namun peningkatan ketinggian dan kecepatan yang akan terjadi pada EC-37B Compass Call menjadikannya jauh lebih gesit dari pendahulunya. Pesawat EC-130 memiliki ketinggian 25.000 kaki dan dapat terbang dengan kecepatan hingga 300 mil per jam. Sementara EC-37B Compass Call akan lebih baik dari itu.

Kelly mengatakan pengujian EC-37B Compass Call terutama akan fokus untuk memastikan integrasi sistem misinya bekerja dengan benar.

Termasuk memastikan sistem Compass Call yang baru dapat berkomunikasi satu sama lain pada waktu yang tepat, dan kemampuan jammingnya berfungsi dan tidak mengganggu sistem lingkungan pesawat.

“Ketika kita meningkatkan daya jamming, atau meminta bentuk gelombang tertentu, bentuk gelombang tersebut harus keluar dengan jumlah ramp, daya, dan frekuensi yang kita minta,” kata Kelly.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)