Teleskop James Webb Tangkap Gambar Menakjubkan Bayi Bintang Mirip Jet

Sabtu, 16 September 2023 - 23:00 WIB
loading...
Teleskop James Webb Tangkap Gambar Menakjubkan Bayi Bintang Mirip Jet
Bayi bintang yang baru lahir ini diberi nama Herbig-Haro 211 terletak 1.000 tahun cahaya dari Bumi. (Foto: News Scientist)
A A A
JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa James Webb berhasil mengabadikan gambar bintang muda yang memuntahkan angin kencang dengan kecepatan supersonik, menciptakan sepasang jet warna-warni menakjubkan.

Bayi bintang yang baru lahir ini diberi nama Herbig-Haro 211 (HH 211) terletak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Perseus. Ini menjadikannya salah satu objek Herbig-Haro terdekat yang diketahui.

Dikutip dari New Scientist, Sabtu (16/9/2023), gambar baru ini jauh lebih detail dibandingkan apa pun yang pernah diambil para astronom terhadap objek Herbig-Haro di masa lalu.



Detail ini memungkinkan para peneliti mengukur kecepatan aliran keluar bintang sekitar 80 hingga 100 kilometer per detik. Hal ini mungkin tampak cepat, namun relatif lambat dibandingkan dengan aliran keluar dari beberapa bintang yang lebih tua dan lebih berevolusi.

Bintang bayi di pusat HH 211 berukuran sekitar 8 persen massa Matahari dan jauh lebih muda. Faktanya, ini adalah salah satu objek Herbig-Haro termuda yang pernah terlihat.



Goyangan pada jet menunjukkan bahwa itu mungkin sebenarnya adalah bintang biner, meskipun teleskop luar angkasa James Webb tidak cukup kuat untuk membedakannya secara pasti.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)