Perusahaan China Incar Warga Negara Lain untuk Uji Vaksin Corona

Minggu, 02 Agustus 2020 - 09:42 WIB
loading...
A A A
Bulan ini, Sinovac meluncurkan uji coba fase III vaksinnya di Brasil. Sedangkan Sinopharm akan menguji vaksinnya yang tidak aktif di Uni Emirat Arab (UEA). Hanya tiga vaksin virus Corona telah memasuki uji coba fase III, yaitu satu diproduksi oleh perusahaan biotek Moderna di Cambridge, Massachusetts.

Dugaan lainnya, satu oleh Universitas Oxford dan pembuat obat AstraZeneca, yang berbasis di Cambridge, Inggris. Kemudian dan satu oleh perusahaan bioteknologi BioNTech dari Mainz, Jerman, bekerja sama dengan perusahaan obat Pfizer yang berbasis di New York City.

CanSino juga siap untuk meluncurkan uji coba fase III. Tetapi Pemerintah Cina telah mengatakan bahwa vaksinnya dapat digunakan oleh militer -menjadikan CanSino perusahaan pertama yang memiliki vaksin COVID-19 yang disetujui untuk penggunaan terbatas pada manusia. China telah bekerja keras "untuk menghasilkan vaksin yang efisien sesegera mungkin dan transparan" ketika melakukannya, kata Stéphane Paul, seorang peneliti vaksin di Universitas Lyon di Prancis.

Kecepatan bergerak pembuat vaksin China telah membangkitkan harapan di seluruh dunia. Sinopharm bahkan telah berjanji untuk memiliki vaksin yang siap didistribusikan pada akhir tahun ini.

"Vaksin yang tidak aktif adalah jenis vaksin yang banyak digunakan, jadi masuk akal bagi perusahaan China untuk fokus pada mereka," kata Paul. “Sebagai vaksin lini pertama, vaksin ini bersifat imunogenik, cepat berkembang dan murah,” katanya.

Tetapi beberapa virus menjadi lebih kuat ketika mereka menginfeksi organisme yang sebelumnya diobati dengan vaksin yang tidak aktif, dalam fenomena yang kurang dipahami yang dikenal sebagai peningkatan antibodi-dependen (ADE). Ini dilaporkan dua tahun lalu pada monyet yang diberi vaksin untuk vaksin Corona yang menyebabkan sindrom pernapasan akut (SARS).

Sinovac mengatakan, vaksin COVID-19-nya tidak memicu ADE pada monyet, tapi risikonya akan dipantau secara ketat dalam semua uji coba vaksin fase III yang tidak aktif.

Halangan Pembuatan Vaksin
Beberapa pengamat juga mempertanyakan apakah perusahaan akan dapat bekerja pada kecepatan yang dijanjikan, dan dengan ketelitian yang diperlukan uji coba tersebut. Dan fakta bahwa China bersedia menyetujui vaksin CanSino untuk digunakan di militer sebelum uji coba fase III selesai diangkat.

“Keputusan itu bersifat politis, dan tidak bersifat ilmiah. Itu tidak menunjukkan apa pun tentang kemanjuran potensial vaksin ini," kata Marie-Paule Kieny, seorang peneliti vaksin di INSERM, lembaga penelitian kesehatan nasional Prancis, di Paris.

Uji coba Tahap III menghadirkan tantangan bagi pembuat vaksin di seluruh dunia, seperti kebutuhan untuk merekrut peserta yang cukup dan staf kesehatan yang berkualitas. "Menunjukkan bahwa vaksin memprovokasi respons kekebalan dan melindungi orang dari virus memerlukan data pada 20.000-40.000 orang yang telah dipecah menjadi kelompok kontrol dan pengujian dan kemudian diikuti selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun," kata para ilmuwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)