Fakta Menarik Pulau Saint Helena, Tempat Napoleon Bonaparte Dimakamkan

Minggu, 17 September 2023 - 02:17 WIB
loading...
Fakta Menarik Pulau Saint Helena, Tempat Napoleon Bonaparte Dimakamkan
Pulau Saint Helena yang terletak di tengah Samudra Atlantik Selatan. (Foto: Another World Adventures)
A A A
JAKARTA - Pulau Saint Helena yang terletak di tengah Samudra Atlantik Selatan dihuni oleh sekitar 4.000 orang. Memiliki luas 122 km persegi, tempat ini merupakan salah satu pulau terpencil di dunia.

Meskipun terpencil, terdapat keragaman atraksi berbasis warisan budaya yang unik. Ada banyak hal menakjubkan untuk dilihat dan dilakukan di pulau ini. Mulai dari mengunjungi kota di Georgia hingga ke garis pantai yang terjal, kemudian perbukitan hingga geologi menakjubkan di Sandy Bay.

Berikut fakta menarik pulau terpencil di dunia, Saint Helena, dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/9/2023).


1. Pulau Berpenghuni

Saint Helena adalah salah satu pulau berpenghuni paling terpencil di dunia, terletak di tengah Samudra Atlantik Selatan, lebih dari 1.950 kilometer dari daratan terdekat.

2. Memiliki Ekosistem Unik

Pulau Saint Helena memiliki banyak spesies tumbuhan dan hewan yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Salah satunya termasuk cerek Saint Helena, yang dikenal secara lokal sebagai wirebird, dan kayu eboni Saint Helena, pohon yang terancam punah.

3. Rumah Hewan Darat Tertua di Bumi

Pulau Saint Helena merupakan rumah Yonatan si Kura-kura. Pada Januari 2022, dia juga merupakan chelonian tertua yang pernah tercatat. Lahir pada awal tahun 1800-an, Jonathan telah tinggal di St Helena sejak 1882.

4. Kaya Warisan Budaya

Dengan perpaduan antara pengaruh Inggris, Afrika, dan Portugis pulau Saint Helena sangat unik. Budaya pulau ini tercermin dalam musik, makanan, dan seninya.


5. Banyak Acara Tahunan

Meski letaknya terpencil, Saint Helena terkenal dengan suasana sosialnya yang dinamis, dengan sejumlah festival dan acara tahunan. Karnaval Saint Helena salah satunya, yang berlangsung pada bulan Februari dan Festival Lari Saint Helena, yang menarik bagi pelari dari seluruh dunia.

6. Rumah Napoleon Bonaparte

Saint Helena adalah rumah bagi Kaisar Napoleon Bonaparte dari 1815 hingga kematiannya pada tahun 1821. Wisatawan yang datang dapat mengunjungi tempat tinggalnya serta ziarah ke makamnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2081 seconds (0.1#10.140)