Minggu, 17 September 2023 - 07:10 WIB
Pesawat Luar Angkasa Soyuz MS-24 Rusia Tiba di ISS
Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-24 Rusia yang membawa dua kosmonot Roscosmos dan satu astronot NASA tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/NASA TV/Space
BAIKONUR - Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-24 Rusia yang membawa dua kosmonot Roscosmos dan satu astronot NASA tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) . Soyuz MS-24 tiba di ISS sekitar 3 jam diluncurkan roket Soyuz 2.1a dari Situs 31/6 di Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, Jumat 15 September 2023 pukul 11:44 waktu setempat.

Soyuz MS-24 tiba di ISS dan berlabuh di modul penelitian mini Rassvet pukul 14:53 waktu Rusia setelah menempuh perjalanan sejauh terbang 260 mil (418 kilometer). Tercatat Soyuz MS-23 menempuh perjalanan selama 3 jam 9 menit setelah landas dari Kosmodrom Baikonur dan menjadi perjalanan yang sangat cepat ke ISS.

Soyuz MS-24 membawa Loral O'Hara dari NASA dan Oleg Kononenko serta Nikolai Chub, keduanya dari badan antariksa Rusia Roscosmos. Sekitar dua jam kemudian, palka antara Soyuz dan ISS dibuka, dan ketiga pesawat luar angkasa tersebut melayang di atas laboratorium yang mengorbit.

O'Hara, Kononenko dan Chub bergabung dengan tujuh pesawat luar angkasa lainnya di laboratorium yang mengorbit. Kedua kosmonot tersebut telah memulai misi ISS selama setahun, sementara O'Hara akan pulang dalam enam bulan.

O'Hara dan Chub adalah pemula dalam penerbangan luar angkasa, tetapi Kononenko sangat berpengalaman. Kosmonot tersebut telah menempuh 736 hari di orbit di empat misi ISS yang berbeda sebelum peluncuran hari ini.
Pesawat Luar Angkasa Soyuz MS-24 Rusia Tiba di ISS

“Saya sudah bermimpi tentang eksplorasi sejak saya masih kecil. Itu adalah sesuatu yang saya impikan sejak usia dini, penerbangan luar angkasa menarik imajinasi saya,” kata O'Hara.

Selama setahun bertugas, Kononenko akan memecahkan rekor waktu terlama di luar angkasa sepanjang masa, 878 hari, yang dipegang oleh sesama kosmonot Gennady Padalka. Kedatangan MS-24 juga untuk membawa pulang tiga kru MS-22/23 ke Bumi pada 27 September 2023.

Pesawat Luar Angkasa Soyuz MS-24 Rusia Tiba di ISS

Soyuz membawa kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin serta Frank Rubio dari NASA untuk kembali ke Bumi. Rubio telah menghabiskan 371 hari berturut-turut di luar angkasa pada saat kembali, sebuah rekor bagi astronot Amerika.

Soyuz MS-24 adalah Soyuz ke-70 Rusia yang diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak tahun 2000 dan yang ke-153 yang terbang sejak tahun 1967.