Terungkap, Wanita yang Baru Melahirkan Dapat Melihat Penampakan Wajah Aneh

Senin, 18 September 2023 - 08:39 WIB
Terungkap, Wanita yang Baru Melahirkan Dapat Melihat Penampakan Wajah Aneh
Perempuan yang baru melahirkan memiliki kecenderungan melihat wajah pada benda-benda di sekitarnya. (Foto: Wire Feeds)
JAKARTA - Para ilmuwan menemukan fakta bahwa para perempuan yang baru saja melahirkan memiliki kecenderungan melihat wajah pada benda-benda di sekitarnya.

Wajah- wajah manusia beragam rupa itu akan muncul pada formasi awan, pohon atau bahkan sepotong roti. Akan muncul wajah-wajah yang tampak familier di tempat tak terduga.

Fenomena ini disebut pareidolia wajah. Yaitu ketika orang mengidentifikasi gambar yang dapat dikenali pada objek atau pola cahaya acak.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (18/9/2023), para peneliti mensurvei 401 wanita di tiga kelompok yang sedang hamil, pernah melahirkan dalam 12 bulan terakhir, atau tidak sama sekali.

Semua diperlihatkan serangkaian gambar termasuk wajah-wajah yang jelas di dalam sayuran atau di dalam formasi batuan, dan wajah-wajah yang sulit di dalam dedaunan dan api.

Wanita yang baru saja melahirkan lebih mungkin melihat wajah di kedua kategori tersebut dibandingkan wanita di kelompok lainnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa perempuan lebih sensitif untuk melihat wajah pada masa awal menjadi orang tua, sehingga berpotensi meningkatkan ikatan sosial,” kata para peneliti.

Para peneliti dari Universitas Queensland di Australia melalui jurnal Biology Letters, mengatakan temuan ini membuktikan bahwa kepekaan manusia terhadap wajah tidak stabil sepanjang masa dewasa.

Mereka mengatakan mengalami pareidolia wajah sebelumnya dikaitkan dengan demensia, Parkinson, dan peningkatan perasaan kesepian.