3 Fakta Ikan Sauron, Spesies Baru Mirip Piranha yang Punya Gigi Seperti Manusia

Jum'at, 28 Juni 2024 - 08:17 WIB
loading...
3 Fakta Ikan Sauron, Spesies Baru Mirip Piranha yang Punya Gigi Seperti Manusia
Ikan Sauron dinamai sesuai karakter jahat di Lord of the Rings, karena tubuh ada tanda khas mata jahat di film tersebut. Foto: Livescience
A A A
AMAZON - Mendengar nama ikan Sauron, sebagian besar orang tentu masih asing. Ikan tersebut merupakan spesies baru yang ditemukan ilmuwan di sungai Amazon dan ditengarai mirip piranha.

Para ilmuwan menamainya dengan Sauron yang mengacu pada karakter jahat di film Lord of the Rings. Alasannya karena tubuh ikan ini bulat dan ada tanda oranye-hitam khas mata jahat sebagaimana karakter fiksi ciptaan JRR Tolkien tersebut.

Lantas, seperti apa sebenarnya ikan Sauron yang disebut-sebut mirip piranha ini? Simak sederet faktanya berikut untuk mengenalnya lebih jauh.

Fakta Ikan Sauron

1. Ditemukan di Sungai Amazon
3 Fakta Ikan Sauron, Spesies Baru Mirip Piranha yang Punya Gigi Seperti Manusia

Pada penemuannya, ikan ini diberikan nama Myloplus sauron. Keberadaannya dijumpai di cekungan Sungai Xingu, anak sungai Amazon di Brasil.

Sejak dulu, kawasan tersebut memang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Bahkan, sering disebutkan bahwa tempat itu memiliki lebih dari 600 spesies ikan, termasuk 70 di antaranya tidak ditemukan di tempat lain di dunia
.
Lebih jauh, penemuan ikan Sauron ini menjadi pengingat bahwa masih banyak spesies yang belum diketahui di Amazon. Ke depannya, penelitian lebih lanjut mungkin diperlukan untuk memahami keanekaragaman hayati yang luar biasa di sana.

2. Tak Suka Makan Daging

Meski disebutkan mirip piranha, Sauron termasuk dalam genus Myloplus dan tergolong sebagai ikan pemakan tumbuhan. Hal ini tentu berbeda dengan piranha yang lebih dikenali sebagai karnivora.

Lalu, terlepas dari statusnya yang berkerabat dekat dengan piranha, spesies ini lebih dikenal sebagai "pacu". Nama tersebut biasanya dipakai untuk kerabat vegetarian piranha.


3. Punya Gigi Mirip Manusia

Pada karakteristiknya, ada sejumlah hal menarik dari ikan Sauron. Selain namanya yang dipilih karena corak oranye dan hitam di tubuhnya menyerupai mata jahat Sauron, ikan ini memiliki gigi yang mirip dengan manusia.

Mengutip Livescience, ciri fisik tersebut sebenarnya cukup lumrah untuk ‘Pacu’. Adapun fungsi gigi pipih layaknya manusia berguna bagi ikan ini untuk memecah atau mengunyah tanaman yang jadi makanannya.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah fakta ikan Suaron, spesies baru mirip piranha yang punya gigi sepertimanusia.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)
pixels