Australia Umumkan Akan Dilanda El Nino selama 3 Bulan ke Depan

Selasa, 19 September 2023 - 18:03 WIB
loading...
Australia Umumkan Akan Dilanda El Nino selama 3 Bulan ke Depan
Australia Umumkan Akan Dilanda El Nino. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
SIDNEY - Dua bulan setelah Organisasi Meteorologi Dunia mengumumkan bahwa El Nino akan melanda wilayah tropis Pasifik untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun.



Hari ini Bureau of Meteorology (BoM) pada Selasa secara resmi mengumumkan peristiwa cuaca El Nino.

Berbicara pada konferensi pers pada Selasa malam, manajer Pemantauan Iklim BOM, Karl Braganza mengatakan Australia mengeluarkan Peringatan El Nino pada bulan Maret dan kemudian menaikkannya pada bulan Juni.

Namun BoM telah menunggu atmosfer yang sesuai dengan lautan. dalam pola El Nino.

“Dalam dua minggu terakhir, kita telah melihat atmosfer di wilayah tropis Pasifik merespons pola tersebut,” kata Braganza seperti dilansir dari Xianhua.

Ia juga menambahkan, peristiwa positif Indian Ocean Dipole (IOD) juga terjadi di Australia.

“Jika hal-hal ini terjadi secara bersamaan, hal ini cenderung meningkatkan kurangnya curah hujan di tenggara benua itu sepanjang musim semi,” kata pakar tersebut.

Menurut Climate Drivers Update terbaru, kedua deklarasi cuaca tersebut memperkuat prediksi suhu yang lebih hangat dan lebih kering di sebagian besar wilayah Australia selama tiga bulan ke depan.

Biro tersebut menguraikan bahwa ketika IOD positif dan El Nino terjadi bersamaan, efek pemanasan biasanya lebih kuat dan lebih luas di seluruh Australia.

“El Nino cenderung mempengaruhi suhu global mulai saat ini hingga pertengahan tahun depan. Sayangnya, pemanasan global mungkin akan terus berlanjut hingga pertengahan tahun 2024,” Braganza memperingatkan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)