5 Letusan Gunung Terbesar di Indonesia, Hampir Tewaskan Seluruh Penduduk Bumi

Rabu, 20 September 2023 - 17:36 WIB
loading...
5 Letusan Gunung Terbesar di Indonesia, Hampir Tewaskan Seluruh Penduduk Bumi
Indonesia yang terletak di ring of fire memiliki banyak gunung berapi. (Foto/CBS News)
A A A
JAKARTA - Gunung meletus menjadi bencana alam yang dapat berakibat fatal untuk masyarakat luas. Dalam sejarah, Indonesia pernah mengalami gunung meletus yang cukup dahsyat. Bahkan pernah hampir menewaskan sebagian besar penduduk bumi.

Letusan yang mengeluarkan lava, bebatuan, kerikil, dan abu vulkanik ini tidak hanya berdampak pada daerah sekitar gunung saja, melainkan juga berdampak ke area lainnya.

Berikut letusan gunung terbesar yang terjadi di Indonesia:

1. Gunung Tambora

Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Gunung Tambora meletus pada April 1815 yang memberikan dampak secara global sehingga membuat suhu bumi berkurang sekitar 0,4-0,7°C. Menurut Volcanic Explosivity Index (VEI) ledakan gunung Tambora mencapai level 7 dengan suara ledakan yang setara dengan 800 megaton TNT dan menewaskan 80.000 orang.


2. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 yang mengeluarkan jutaan ton batu, debu, magma, hingga material vulkanik. Kekuatan letusan dari gunung Krakatau mencapai 13.000 kali lebih besar dari ledakan bom yang dijatuhkan di Hiroshima. Suara ledakan dari gunung Krakatau terdengar sampai Australia dan mengakibatkan ribuan orang meninggal akibat suhu panas.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud di Jawa Timur pertama kali meletus tahun 1919 yang menyebabkan 5.160 jiwa tewas. Kemudian pada 1990 dan 2014, Gunung Kelud kembali meletus yang menyebabkan hujan kerikil di beberapa wilayah Jawa Timur dan hujan abu yang menutup sebagian besar pulau Jawa.

4. Gunung Toba

Gunung Toba pernah meletus 74.000 tahun lalu. Gunung Toba, yang saat ini menjadi Danau Toba , memiliki letusan yang mampu memusnahkan sebagian besar umat manusia. Akibat dari letusan gunung Toba, abu tersebar sebesar 2.800 kilometer kubik dan menutup atmosfer bumi hingga 6 tahun lamanya.


5. Gunung Merapi

Gunung Merapi meletus pertama kali pada tahun 1600-an yang mengalami lebih dari 80 kali letusan. Pada 1930 gunung merapi mengalami erupsi yang menyebabkan awan panas menuruni lereng dan menghancurkan 23 desa serta 1.369 korban meninggal. Kemudian pada 2010, gunung Merapi kembali erupsi, yang membuat wilayah Jawa Tengah dan sebagian wilayah Jawa Barat tertutup debu vulkanik.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)