Menakjubkan, Pulau Baru Muncul dari Laut setelah Gunung Api Meletus di Jepang

Selasa, 07 November 2023 - 07:49 WIB
loading...
Menakjubkan, Pulau Baru Muncul dari Laut setelah Gunung Api Meletus di Jepang
Pulau baru muncul di Iwojima, tempat pertempuran dahsyat dalam PD II. (Foto: Asahi Shimbun)
A A A
JAKARTA - Fenomena alam menakjubkan terjadi di lepas pantai Iwoto, Jepang. Letusan dari gunung api bawah laut telah menciptakan pulau baru.

Iwoto yang sebelumnya dikenal sebagai Iwojima merupakan tempat pertempuran dahsyat dalam Perang Dunia II . Lokasinya sekitar 1.000 kilometer di selatan Tokyo di Samudra Pasifik.

Dikutip dari The Sun, Selasa (7/11/2023), foto-foto udara memperlihatkan muntahan magma dari gunung api mulai membentuk pulau baru sejak 1 November 2023. Pulau baru ini terbentuk di dekat kawah gunung api bawah laut.
Media setempat, Asahi Shimbun, melaporkan para petugas di Iwojima mendengar suara keras, melihat pasir terlempar tinggi ke udara ketika pulau baru terbentuk.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan telah mendeteksi getaran di Pulau Iwoto setiap beberapa menit sejak 21 Oktober 2023, setelah itu muncul laporan letusan gunung berapi.



"Mungkin ada kemungkinan bahwa sejumlah besar batu dan kerikil yang terlempar dari kawah di dasar laut mengumpul dan membentuk pulau kecil ini," kata seorang pejabat JMA.

Pulau-pulau baru pernah dikonfirmasi muncul di area ini sebelumnya, tetapi semuanya tenggelam dalam beberapa bulan karena kondisi laut yang ekstrem. Pulau kecil baru ini adalah yang pertama di wilayah ini sejak tahun 1986.
Letusan gunung berapi masih berlanjut dan pihak berwenang telah memperingatkan tentang kemungkinan asap dan penumpukan abu besar di wilayah tersebut akibat dari letusan.



Awal tahun ini, pemetaan digital menyebabkan penemuan sekitar 7.000 pulau baru di sekitar Jepang. Pulau-pulau ini ditemukan setelah Otoritas Informasi Geospasial Jepang melakukan survei - yang pertama kali dilakukan dalam 35 tahun. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ukuran wilayah Jepang yang memiliki luas 37.000 kilometer persegi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2839 seconds (0.1#10.140)