Mengenal Peluru Ajaib Rusia, Berkecepatan Hipersonik

Kamis, 21 September 2023 - 08:00 WIB
loading...
Mengenal Peluru Ajaib Rusia, Berkecepatan Hipersonik
Peluru ajaib Rusia yang memiliki kecepatan hipersonik mulai diuji coba. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Peluru ajaib Rusia yang memiliki kecepatan hipersonik mulai diuji coba sebelum resmi diterjunkan ke medan perang melawan Ukraina.

Peluru ini akan memudahkan para sniper melontarkan amunisi secara efektif ke sasaran dengan waktu super kilat. Kecepatan peluru ajaib ini diklaim mencapai lebih dari 1.500 meter per detik (m/s). Peluru ajaib ini diproduksi oleh Lobaev Arms, produsen senapan jarak jauh asal Rusia.

“Kami dapat memproduksinya dalam versi yang hampir hipersonik atau benar-benar menjadi hipersonik. Kami akan membuat keputusan ini berdasarkan hasil pengujian, ketika massa produk serial tersebut ditentukan. Suara hiper dimulai dengan kecepatan lebih dari 1.500 m/s, sedangkan peluru penembak jitu berkecepatan tinggi adalah peluru yang terbang dengan kecepatan 900 m/s,” kata Vladislav Lobaev, pendiri dan kepala Lobaev Arms dikutip dari Sputnik, Kamis (21/9/2023).

Lobaev Arms menjadi sorotan sejak September 2018, ketika mulai mengembangkan amunisi senjata ringan dengan kecepatan 2.000 m/s. Peluru tersebut diperlukan untuk senjata penembak jitu berpresisi tinggi, yang memberikan jangkauan tembakan lebih tinggi. Amunisi baru ini tidak lagi diisi dengan bubuk mesiu, tetapi dengan bahan kimia peledak dengan komposisi khusus.



Mengapa peluru hipersonik diperlukan?

Sniper perlu mempertimbangkan banyak faktor balistik eksternal, seperti jangkauan ke target, arah angin, kecepatan angin, ketinggian dan ketinggian, dan bahkan kepadatan udara dan suhu untuk memaksimalkan akurasi. Namun, peluru berkecepatan tinggi atau hipersonik meminimalkan dampak faktor eksternal dan memberikan waktu lebih sedikit kepada target untuk menghindari kehancuran.

Lobaev menjelaskan sebelumnya telah menangguhkan proyek amunisi hipersonik karena kebutuhan untuk meningkatkan produksi massal senjata yang ada berdasarkan rencana pengadaan pertahanan negara. Namun, kini pengerjaan amunisi hipersonik telah dilanjutkan, karena militer Ukraina mulai menggunakan amunisi baru kaliber 10x100 mm di medan perang.

“Musuh menggunakan kaliber ini pada jarak di luar jangkauan senapan kaliber Cheytac [10,3x77 mm – Sputnik], yaitu pada jarak 2,4-2,6 kilometer. Peluru ini berbahaya karena dapat menembus pelindung baju besi pribadi dalam sekejap. Jangkauan 1,7-1,8 kilometer tanpa menggunakan peluru yang menembus lapis baja,” kata Lobaev.

Tantangan ini memberi Lobaev Arms peluang untuk mengembangkan proyek amunisi hipersoniknya. Setelah mencapai kecepatan 1.500-2.000 m/s, peluru Lobaev tidak akan tertandingi. Selain mengembangkan amunisi inovatif, Lobaev Arms juga menciptakan berbagai macam senjata kaliber besar, presisi tinggi, dan jarak jauh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)