Sukses Bawa Sampel Asteroid Bennu, Tugas Selamatkan Bumi Belum Usai

Selasa, 26 September 2023 - 14:54 WIB
Sukses Bawa Sampel Asteroid Bennu, Tugas Selamatkan Bumi Belum Usai
Misi OSIRIS-REx di asteroid Bennu untuk menyelamatkan Bumi berlangsung sejak 8 September 2016. (Foto: NASA)
JAKARTA - Misi OSIRIS-REx NASA mendapatkan sampel asteroid Bennu yang mengancam keselamatan Bumi, sudah berhasil dilaksanakan. Namun tidak berarti tugas menyelamatkan Bumi dari kiamat sudah usai. Sampel batuan dan debu dari asteroid Bennu kini akan dianalisa secara mendalam.

Melansir Techspot, Selasa (26/9/2023) mempelajari komposisi asteroid Bennu akan memberikan para ilmuwan gambaran yang lebih baik tentang susunannya. Dalam skenario terburuk, informasi ini bisa sangat berharga dalam keberhasilan misi pengalihan asteroid untuk menghindari tabrakan dengan Bumi.

Menurut ahli astrofisika Neal deGrasse Tyson, asteroid Bennu cukup besar untuk menghancurkan seluruh kota dengan dampak langsungnya. Parahnya lagi, jika tumbukan terjadi di suatu tempat di lautan, maka dapat menimbulkan tsunami yang dapat menyapu bersih seluruh garis pantai.