Kirim Abrams M1A1 Rekondisi untuk Ukraina, AS Sesumbar Lebih Canggih dari Tank Rusia

Selasa, 26 September 2023 - 19:44 WIB
loading...
Kirim Abrams M1A1 Rekondisi...
Tank Abrams M1 bantuan Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina sebanyak 31 unit sudah tiba di Kiev untuk menghadapi tank Rusia. Foto/US Army/The War Zone
A A A
KIEV - Tank Abrams M1 bantuan Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina sebanyak 31 unit sudah tiba di Kiev untuk menghadapi tank Rusia . Meskipun bantuan yang dikirimkan merupakan tank Abrams M1A1 refurbish (rekondisi), bukan versi M1A1 standar atau M1A2 yang lebih modern, AS sesumbar speknya masih lebih canggih dari tank Rusia.

Dikutip dari laman Bulgarian Military, Selasa (26/9/2023), awalnya Washington memutuskan untuk mengirimkan versi M1A2 ke Ukraina. Namun, keputusan ini diubah dan Ukraina benar-benar menerima tank Abrams versi M1A1.

Keputusan ini mengingat Washington memiliki banyak stok tank M1A1 yang siap beroperasi, namun perlu menjalani renovasi. Analis militer berspekulasi bagian teknologi sensitif tank Abrams M1A1 diganti untuk mencegah tidak jatuh ke tangan Rusia.



“Tidak jelas apa lagi yang dikurangi AS dari tank Abram M1A1 Ukraina yang diperbarui untuk mencegahnya jatuh ke tangan Rusia. Selain Abrams, Leopard 2 Jerman dan versinya juga dikirimkan dalam modifikasi yang dikurangi,” tulis Bulgarian Military.

Laman The War Zone menyebutkan keputusan untuk mengirim tank abrams M1A1 rekondisi ke Ukraina, bukan M1A2 untuk membantu mengurangi kebutuhan pelatihan dan logistik. Selain itu untuk mempercepat jadwal pengiriman secara keseluruhan.

Masih belum diketahui secara pasti konfigurasi spesifik apa yang digunakan tank Abrams M1A1 Ukraina. Diketahui subvarian M1A1 memiliki pengendalian tembakan digital baru serta berbagai peningkatan lainnya, yang disebut Situation Awareness (SA).

Sekretaris Pers Pentagon Ryder menolak untuk mengatakan apakah M1A1 yang akan diterima Ukraina adalah varian SA atau bukan. Dia menekankan bahwa AS akan menawarkan “kemampuan yang sangat mirip dengan M1A2,” namun tidak menjelaskan lebih lanjut.



Sederhananya, 31 unit tank Abrams M1A1 bantuan AS lebih unggul dibandingkan tank-tank era Soviet yang masih menjadi bagian terbesar dari armada Angkatan Bersenjata Ukraina. Apalagi tank Abrams M1A1 memiliki potensi pertempuran malam yang jauh lebih baik dan tingkat perlindungan awak yang unggul.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)