Mengenal Siklon Tropis Koinu serta Dampaknya, Fenomena Alam yang Dapat Memunculkan Badai Besar

Rabu, 04 Oktober 2023 - 14:49 WIB
loading...
Mengenal Siklon Tropis Koinu serta Dampaknya, Fenomena Alam yang Dapat Memunculkan Badai Besar
Siklon Tropis Koinu dapat menimbulkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan gelombang tinggi. Foto/Instagram @infobmkg
A A A
JAKARTA - Siklon Tropis Koinu menjadi salah satu fenomena alam yang dapat memengaruhi cuaca di sejumlah wilayah Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menyebutkan bahwa fenomena ini dapat menimbulkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan gelombang tinggi.

Dilansir dari jurnal bertajuk "Karakteristik dan Dampak Siklon Tropis yang Tumbuh di Sekitar Wilayah Indonesia", siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan besar dengan rata-rata radius siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km.

Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26,5 derajat celcius. Fenomena ini ditandai dengan munculnya angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu “badai tropis” atau “typhoon” atau “topan” jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat. Kemudian “siklon” atau “cyclone” jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan “hurricane” jika terbentuk di Samudra Atlantik.



Dari penjelasan tersebut maka sudah bisa diambil kesimpulan bahwa Siklon Tropis Koinu merupakan fenomena alam skala regional yang muncul di samudera tropis.

Siklon Tropis Koinu


Siklon Tropis Koinu telah terpantau berada di Laut Filipina sebelah timur Filipina, tepatnya di sekitar 18.3 derajat Lintang Utara dan 128.4 derajat Bujur Timur menurut laporan BMKG.

BMKG juga menyebutkan bahwa Siklon Tropis Koinu diperkirakan akan meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut.



Dari laporan tersebut, BMKG menghimbau dampak tidak langsung dari Siklon Tropis Koinu. Kemungkinan akan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kalimantan Utara bagian utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)