Lumpur dan Tanah Hitam Ukraina Bikin Tank Leopard 2 Terbenam

Kamis, 05 Oktober 2023 - 20:32 WIB
loading...
Lumpur dan Tanah Hitam Ukraina Bikin Tank Leopard 2 Terbenam
Tank Leopard 2 yang dikenal sebagai keajaiban teknologi Jerman, tak berdaya menghadapi cuaca dan bentang alam di Ukraina. Foto/Bulgarian Military
A A A
KIEV - Kehadiran tank Leopard 2 di Ukraina sempat digadang-gadang sebagai pengubah permainan dalam perang melawan Rusia. Namun, peran Sang Macan Tutul seolah tak berdaya di garis depan terbenam oleh lumpur dan tanah hitam.

Tank Leopard 2 yang dikenal sebagai keajaiban teknologi Jerman, tak berdaya menghadapi cuaca dan bentang alam di Ukraina. Tank Leopard 2 yang memiliki pelindung lapis baja yang lebih baik, daya tembak presisi, dan mobilitas tinggi, belum memberikan terobosan kemajuan yang signifikan.

Bukan hanya masalah faktor alam di Ukraina yang menghambat Tank Leopard 2. Masalah taktik dan tak ada dukungan udara yang baik membuat peran Tank Leopard 2 kurang efektif.



“Tank tempur Leopard 2 Jerman, yang diproyeksikan sebagai kehadiran nyata di garis depan barat, sebenarnya tidak terlihat,” tulis Outlet berita Jerman, Die Welt, dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Miltary, Kamis (10/5/2023).

Die Welt lebih lanjut menyebutkan bahwa harapan negara-negara NATO terhadap terobosan Ukraina melalui penggunaan teknologi Eropa, termasuk Tank Leopard 2, belum membuahkan hasil. Kemenangan dalam pertempuran tidak bergantung pada tank, namun pada taktik.

Sebelumnya, pengamat militer dan pensiunan colonel, Victor Litovkin memprediksi bahwa tank Leopard 2 tidak cocok untuk Ukraina karena memiliki kontur tanah berbeda. Apalagi bobot tank Leopard 2 lebih berat sekitar 20 ton dibandingkan tank Rusia.

Fakta ini membuat tank Leopard 2 mudah terjebak dalam lumpur atau tanah hitam Ukraina yang disebut chernozem. Apalagi pada musim gugur dan menjelang musim dingin, membuat permukaan tanah menjadi lebih lunak sehingga membuat roda tank macet terjebak lumpur.



Lumpur Ukraina dapat berdampak signifikan terhadap pergerakan tank Leopard 2 Jerman. Lumpur masuk ke berbagai bagian tangki, termasuk track, roda, dan komponen mekanis lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1697 seconds (0.1#10.140)