Rahasia Burung Beo Bisa Bicara Terbongkar

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 18:06 WIB
loading...
Rahasia Burung Beo Bisa Bicara Terbongkar
Kecerdasan burung beo berasal dari struktur otak yang mirip dengan hewan primata. (Foto: Wikimedia Common)
A A A
JAKARTA - Burung beo merupakan salah satu jenis hewan peliharaan favorit karena jinak dan bisa menirukan berbagai macam suara atau kata yang diucapkan manusia. Apa rahasianya?

Burung beo termasuk hewan dengan spesies yang cukup banyak, hingga mencapai 18.000 spesies yang terbagi menjadi beberapa jenis seperti burung beo selandia baru, kakaktua, dan burung beo sejati.

Kecerdasan pada burung beo ini diketahui berasal dari struktur otak yang mirip dengan hewan primata. Bahkan, beberapa jenis beo, seperti kakaktua juga bisa diajari cara membuka tong sampah, lho.

Burung beo termasuk jenis hewan yang dapat bertahan hidup dengan jangka waktu cukup lama. Hewan ini bisa bertahan hidup selama dua puluh hingga tiga puluh tahun lamanya. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang bisa dilatih supaya bisa bicara menirukan ucapan manusia.



Bahkan ada seekor burung beo abu-abu Afrika yang berhasil mendapatkan rekor dalam Guinness Book of World Records pada tahun 1995. Burung beo tersebut ialah yang bernama Puck.

Inilah alasan mengapa burung beo bisa menirukan suara manusia

1. Burung beo merupakan salah satu hewan yang cerdas.

2. Memiliki keunikan pada lidah dan suaranya.

3. Terus dilatih oleh manusia agar bisa menirukan berbagai kata yang diucapkan manusia.

4. Karena burung beo juga memiliki kemampuan daya ingat yang cukup kuat.



Tentunya untuk bisa berbicara menirukan berbagai macam suara, beo perlu dilatih terlebih dahulu. Hal ini lah yang menjadi keunikan tersendiri dari burung beo yang merupakan salah satu hewan yang cerdas dan memiliki lidah serta suara unik . Maka, jika manusia melatihnya secara terus-menerus beo akan semakin fasih berbicaranya.

Lidah burung beo akan bisa membedakan beberapa huruf vokal, sehingga beo dapat mengucapkan berbagai kata yang mirip seperti yang diucapkan manusia. Jangan mau kalah, burung beo juga memiliki ingatan yang cukup kuat. Nah, itulah alasan-alasan mengapa burung beo bisa menirukan suara manusia.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2504 seconds (0.1#10.140)