Asyiknya Ngopi Pagi di Luar Angkasa, Menikmati Secangkir Espresso Tanpa Gravitasi

Minggu, 08 Oktober 2023 - 09:48 WIB
loading...
A A A
“Inilah sebabnya di luar angkasa Anda hanya akan melihat astronot minum dari kantong berisi sedotan. Kemudian mereka merobek kantong tersebut sepenuhnya untuk memastikan cairan keluar,” katanya.

Untuk mengatasi masalah ini, NASA telah merancang sebuah cangkir yang menggunakan geometri cerdas untuk memanfaatkan fisika tegangan permukaan. Menyentuh bibir Anda ke tepi space-cup menciptakan 'sambungan kapiler', menarik cairan ke dalam mulut dengan cara yang sama seperti kertas menyerap air.

Namun, mengirimkan cangkir ke luar angkasa bukan hanya membuat pagi hari para astronot lebih menyenangkan, tetapi juga merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang serius. Fisika yang sama yang membantu menuangkan kopi dari cangkir ke mulut Anda memengaruhi semua cairan, baik di Bumi maupun di luar angkasa.



Seperti yang dijelaskan Dr Wesilogal, mengamati cara kerja cangkir luar angkasa dalam gravitasi nol akan membantu para ilmuwan mempelajari segala hal. Mulai dari mendapatkan tetes terakhir bahan bakar untuk mesin roket atau memberikan dosis obat yang tepat kepada pasien.

Eksperimen yang dilakukan pada wadah luar angkasa juga akan membantu mencegah bencana pada perjalanan luar angkasa jarak jauh di masa depan seperti perjalanan ke Mars. Ini bukan pertama kalinya sejumlah ilmu pengetahuan serius berupaya menghasilkan minuman yang lebih baik di ISS.
Asyiknya Ngopi Pagi di Luar Angkasa, Menikmati Secangkir Espresso Tanpa Gravitasi


Pada tahun 2015, Badan Antariksa Italia, bekerja sama dengan perusahaan teknik Argotec dan perusahaan kopi Lavazza, merancang mesin Isspresso: pembuat espresso gayaberat mikro pertama di dunia. Mesin seberat 20 kg ini menghabiskan waktu dua tahun di ISS dan menggunakan pipa hidrolik baja untuk menghasilkan secangkir espresso panas segar dalam waktu sekitar tiga menit.

Bahkan dengan desain Isspresso yang canggih, kopi masih dimasukkan ke dalam kantong untuk diminum. Jadi astronot yang suka kopi ketika berada di luar angkasa bisa tetap menikmati menggunakan cangkir luar angkasa dan menghirup aromanya.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3290 seconds (0.1#10.140)