Pesona Berlian Hitam Langka, Datang dari Luar Angkasa

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:00 WIB
loading...
Pesona Berlian Hitam Langka, Datang dari Luar Angkasa
Berlian hitam yang langka diyakini berasal dari luar angkasa. (Foto: The Insider)
A A A
JAKARTA - Berlian selalu identik dengan tampilan putih berkilau di momen spesial karena melambangkan kemurnian. Ternyata ada berlian yang juga kian diburu kolektor, yaitu berlian hitam yang langka.

Di luar fakta bahwa mereka memang ada, ada begitu banyak keajaiban dalam sejarah berlian hitam, mulai dari perjuangan mendapatkannya hingga popularitasnya di dunia perhiasan. Terbetik pula kepercayaan akan asal-usulnya dari luar angkasa. Lantaran menjadi salah satu berlian paling langka di dunia.

Dilansir dari The Insider, Kamis (19/10/2023), berlian hitam pertama kali ditemukan oleh para penambang di dataran tinggi Chapada, Brasil sekitar 1840. Saat itu masih disebut carbonado karena bentuknya menyerupai potongan-potongan arang kecil.



Berlian hitam alami cukup langka sehingga dilaporkan hanya sekitar tiga ton metrik yang ditambang di seluruh dunia. Tetapi jenis ini termasuk salah satu bentuk berlian alami yang paling kuat. Berlian hitam , atau berlian karbonado, hanya ditemukan di Brasil dan Republik Afrika Tengah.

Warna hitam alami dari permata ini sebenarnya berasal dari banyak inklusi dan retakan kecil berwarna gelap, lebih tepatnya disebut polikristalin, sebuah material dari karbon amorf, grafit, dan berlian.



Sebagian besar dapat menjadi buram, yang lain mungkin memiliki penampilan berbintik-bintik. Beberapa berwarna hitam tetapi memiliki tubuh cokelat tua atau hijau tua.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)