10 Fakta Unik Berang-berang, Hewan yang Setia dengan Pasangannya

Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:09 WIB
loading...
10 Fakta Unik Berang-berang, Hewan yang Setia dengan Pasangannya
Berang-berang adalah hewan monogami yang setia dengan satu pasangan seumur hidup. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Berang-berang merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam keluarga Mustelidae, mencakup luwak, musang, dan cerpelai. Hewan ini biasanya hidup di dekat sumber air, seperti sungai, danau hingga pantai.

Berang-berang juga memiliki ciri khas unik berupa gigi taring yang kuat, ekor yang lebar dan pipih, serta bulu yang tebal dan tahan air. Selain itu, hewan ini juga memiliki keunikan lain yang ada dalam kehidupannya.

Berikut beberapa fakta unik yang ada pada kehidupan berang-berang.

Fakta Unik Berang-Berang


1. Memiliki Gigi yang Terus Tumbuh


Sepanjang hidup berang-berang, gigi depan mereka berwarna oranye karena mengandung zat besi yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Berang-berang harus terus menggerogoti kayu atau tanaman untuk menjaga gigi mereka tidak terlalu panjang.


2. Mengeluarkan Minyak dari Kelenjar


Berang-berang bisa mengeluarkan minyak dari kelenjar di dekat anus mereka yang disebut castoreum. Minyak ini digunakan untuk menandai wilayah mereka dan juga sebagai bahan pengawet atau perasa alami dalam makanan dan parfum.

3. Hewan Monogami


Berang-berang adalah hewan monogami, artinya setia dengan satu pasangan seumur hidup. Hewan ini juga sangat peduli dengan keluarga mereka dan akan membantu merawat anak-anak atau cucu-cucu.

Berang-berang biasanya memiliki 2-4 anak setiap tahun dan akan tinggal bersama selama 2 tahun sebelum berpisah. Sehingga, hewan yang satu ini bisa disebut juga dengan hewan setia.

4. Berjuluk Insinyur Alam yang Hebat


Berang-berang adalah insinyur alam yang hebat. Mereka bisa membangun bendungan, terowongan, dan pondok di sungai atau danau untuk melindungi diri dari predator dan menciptakan habitat bagi makhluk hidup lainnya.



Bendungan yang mereka buat bisa mencapai panjang 850 meter dan tinggi 6 meter. Mereka membuat bendungan dengan pohon ranting dan dedaunan yang ada di sekitar sungai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3865 seconds (0.1#10.140)