10 Fakta Unik Berang-berang, Hewan yang Setia dengan Pasangannya

Selasa, 24 Oktober 2023 - 15:09 WIB
loading...
A A A

5. Memiliki Indra yang Menutup Ketika Menyelam


Berang-berang memiliki mata, hidung, dan telinga yang bisa menutup rapat saat menyelam di air. Mereka juga memiliki kumis yang sensitif untuk mendeteksi getaran atau gerakan di sekitar mereka.



Selain itu, berang-berang memiliki ekor yang lebar dan pipih yang berfungsi sebagai kemudi, alat pukul, dan sumber panas. Mereka juga bisa menepuk ekor mereka ke air untuk memberi sinyal bahaya kepada kelompok mereka.

6. Hewan Pemakan Besar


Berang-berang adalah pemakan besar yang bisa mengonsumsi hingga 20% dari berat badan mereka setiap hari. Mereka suka makan kayu, kulit pohon, akar, tunas, daun, buah, dan jamur. Hewan ini juga bisa menyimpan makanan di bawah air untuk dimakan saat musim dingin.

7. Hidup di Ranting Pepohonan


Tempat tinggal berang-berang terbuat dari ranting-ranting pohon yang disusun di atas air dan memiliki pintu masuk di bawah permukaan air. Tempat tinggal ini disebut lodge dan biasanya berbentuk kerucut.

8. Memiliki Cara Komunikasi Unik


Berang-berang memiliki cara komunikasi yang unik dengan menggunakan suara, bahasa tubuh, dan aroma. Mereka menggunakan ekor untuk menepuk air sebagai sinyal bahaya atau peringatan.

9. Berpegangan Tangan saat Tidur


Dikutip dari laman Tree Hugger, berang-berang suka berpegangan tangan dengan berang-berang lainnya saat tertidur di air. Ini merupakan salah satu cara untuk saling mengawasi satu sama lain, agar tidak terbawa arus saat tertidur. Hal ini juga menunjukkan ikatan yang kuat antara berang-berang dalam kelompoknya.

10. Hewan yang Tahan dari Kedinginan


Berang-berang tahan dengan dingin karena memiliki bulu yang tebal dan berminyak yang menjaga tubuh mereka tetap hangat dan kering. Mereka juga memiliki lapisan lemak di bawah kulit yang berfungsi sebagai isolator.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)