Mirip Kisah Malin Kundang, Fenomena Alam Hutan Batu Naiad yang Menakjubkan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:06 WIB
loading...
A A A
Mitos ketiga menyatakan bahwa sekelompok pemburu tanpa sengaja menemukan sekelompok Naiad mandi di air mata air. Terpesona oleh pemandangan yang indah, mereka memperhatikan mereka, menyebabkan dewi Artemis, marah dan mempetrifikasi mereka.

Namun, penjelasan ilmiah tentang fenomena formasi batu yang aneh ini benar-benar berbeda dan memberikan bukti tentang aktivitas geologis intensif selama evolusi geologis dan diagenesis dari batuan yang membentuk substrat daerah tersebut.

Formasi batu berdiri yang aneh yang disebut Batu Naiad terbuat dari travertin. Travertin terbentuk ketika air kaya karbon dioksida meresap melalui batuan di daerah batu kapur, melarutkan batu kapur dan menjadi jenuh dengannya. Ketika lingkungan tempat air mengalir mengalami perubahan signifikan seperti penurunan tekanan atau perubahan suhu, hal ini menyebabkan air melepaskan karbon dioksida sebagai gas, mirip dengan minuman berkarbonasi.

Kalsium karbonat kemudian mengkristal kembali; serpihan kecil, scrub, dan material biotik hidup seperti lumut, alga, dan cyanobacteria terpendam dan menjadi fosil dalam lapisan-lapisan dari waktu ke waktu.

Terlepas dari penjelasan ilmiah, hutan batu yang indah dan terfosilisasi yang dikenal sebagai Batu Naiad tetap disakralkan dan menjadi latar belakang populer untuk fotografi pernikahan. Banyak pasangan pengantin baru pergi ke lokasi ini untuk mengabadikan momen istimewa dengan cara yang sangat unik.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)