Cetak Sejarah, Ilmuwan China Raih Penghargaan Fisika Paling Bergengsi di AS

Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:37 WIB
loading...
A A A


Xue, yang juga menjabat sebagai wakil presiden Masyarakat Fisika Tiongkok, memiliki awal yang tidak mudah dalam karier ilmiahnya. Dia berasal dari keluarga petani di provinsi Shandong dan bersekolah di tempat yang mejanya terbuat dari pohon-pohon yang dipotong dan siswa membawa kursi dari rumah.

Pada 1984, setelah mendapatkan gelar sarjana fisika dari Universitas Shandong, Xue gagal dalam ujian masuk program pascasarjana dua kali sebelum diterima di Institut Fisika Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Xue mengatakan bahwa selama pelatihan doktoralnya di Universitas Tohoku di Sendai, dia harus belajar bahasa Jepang sambil bekerja di laboratorium selama 16 jam sehari, enam hari seminggu. "Memang benar-benar menantang, tetapi saya berhasil menyelesaikan eksperimen yang sangat penting tahun berikutnya, yang menjadi titik balik dalam karier saya," katanya.

Xue juga pernah menjadi asisten profesor tamu di Universitas North Carolina State di AS sebelum mendapatkan posisi tetap di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok pada 1999. "Misi nomor satu saya sekarang adalah membantu Tiongkok melatih bakat yang paling kompetitif, sehingga mereka dapat menggunakan ilmu pengetahuan untuk membangun negara menjadi kekuatan besar," kata Xue.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)