Rumah Teraman di Dunia Dijual, Tahan Bencana Alam hingga Bom Nuklir

Sabtu, 04 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Rumah Teraman di Dunia Dijual, Tahan Bencana Alam hingga Bom Nuklir
Rumah paling aman di dunia yang berlokasi di Kansas, Amerika, dijual dengan harga 1,3 juta dollar atau Rp20,4 miliar. (Foto: Mirror)
A A A
JAKARTA - Rumah paling aman di dunia yang berlokasi di Kansas, Amerika, dijual dengan harga 1,3 juta dollar atau setara Rp20,4 miliar. Rumah ini diklaim mampu bertahan dari ledakan bom nuklir serta bencana alam dalam skala besar.

Meski sudah terdaftar di pasar properti AS, namun lokasi persis rumah ini tak diketahui. Yang jelas, rumah tersebut memiliki ruang bawah tanah alias bunker. Dikutip dari Mirror, Sabtu (4/11/2023), bekas fasilitas militer yang dibangun pada tahun 1960-an inilah yang dirancang mampu bertahan dari ledakan nuklir.

Bunker ini juga dapat bertahan dari angin topan dengan kecepatan 500mph dan memiliki kemampuan untuk melindungi penghuninya dari bencana buatan manusia atau alam.

Dari sisi spesifikasi, rumah paling aman di dunia ini memiliki dua ruang kendali, yang dirancang oleh ilmuwan teknik. Ruang ini terletak di belakang dua pintu baja seberat 3.500 kilogram yang dirancang untuk bertahan dari ledakan apa pun dan juga dilengkapi terowongan bawah tanah. Salah satu dari ruangan itu, yang jauh lebih besar dari yang lainnya, pernah dianggap sebagai salah satu yang paling penting di Amerika Serikat.

Rumah Teraman di Dunia Dijual, Tahan Bencana Alam hingga Bom Nuklir




Yang terlihat dari permukaan tanah hanyalah pintu baja sederhana, mirip dengan Proyek Nina, sebuah bunker tersembunyi yang muncul dalam seri drama fiksi ilmiah, Stranger Things.

Properti ini ke depan bisa dirombak menjadi hotel tematik, kamp pelatihan, ruang pertemuan, atau tempat tinggal. Dengan 18 ruangan yang tersedia, pemilik baru diyakini segera mendapatkan untung dari uang yang diinvestasikan. Fasilitas lainnya adalah helipad dan taman kecil.

Rumah teraman di dunia yang ditawarkan ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, ada bunker kiamat di Amerika yang dijual seharga 300 ribu dollar AS atau Rp 4,6 miliar pada Agustus 2023. Bunker ini terletak di perbukitan indah di Mountain Grove, Missouri.



Rumah dengan tiga kamar tidur ini dilengkapi dua kamar mandi, dapur, area makan, ruang cuci, dan pantry. Ada juga penghangat ruangan dan sistem pengambilan udara segar. Bunker ini tak seperti bangunan militer karena memiliki pancuran dan bak mandi serta toilet reguler.

Bunker kiamat amat luas sekitar 1.250 kaki persegi. Seluruh area ini dikelilingi pagar, gerbang dan kamera pengawas. Total luar lahan tempat bunker berada adalah 2,4 hektare lengkap dengan pohon buah buah dan sungai, sehingga banyak ruang untuk bercocok tanam dan menyokong kehidupan di bunker.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2151 seconds (0.1#10.140)