Perbedaan Bom Nuklir dan Atom, Lebih Berbahaya Mana?

Selasa, 28 Juni 2022 - 23:09 WIB
loading...
Perbedaan Bom Nuklir dan Atom, Lebih Berbahaya Mana?
Secara pengertian, nuklir bisa diartikan sebagai bagian yang berhubungan dengan nukleus atom. Foto DOK BBC
A A A
JAKARTA - Secara pengertian, nuklir bisa diartikan sebagai bagian yang berhubungan dengan nukleus atom. Sedangkan energi nuklir sendiri merupakan energi yang dihasilkan berdasarkan reaksi antar partikel di dalam inti atom .

Seiring berjalannya waktu, negara-negara di dunia mulai menjadikannya sebagai senjata militer. Dengan dampak dan efeknya yang sangat berbahaya, dunia internasional melarang penggunaan nuklir sebagai senjata militer.

Baca juga : Kandungan Bom Atom di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki

Setelahnya, mulai muncul banyak pertanyaan mengenai perbedaan bom nuklir dengan bom atom. Baik dari segi komposisi hingga dampak yang dihasilkannya. Dalam beberapa literatur atau referensi yang ditemui, dikatakan bahwa daya hancur dari bom nuklir ratusan bahkan ribuan kali lipat lebih kuat dari bom atom.

Padahal, jika melihat sejarah bom atom Hiroshima dan Nagasaki, saat itu daya ledaknya sudah bisa menghancurkan seisi kota dan membunuh korban yang sangat banyak.

Melansir dari situs Difference Between, senjata nuklir merupakan alat peledak yang memperoleh daya dari reaksi nuklir seperti fisi, fusi, atau kombinasi keduanya.

Dalam hal ini, fisi bisa diartikan sebagai pemecahan atom menjadi dua atau lebih atom dengan ukuran yang lebih kecil. Sedangkan fusi merupakan penggabungan dua atom atau lebih menjadi satu atom besar. Fusi nuklir melepaskan lebih banyak partikel radioaktif daripada fisi nuklir. Sehingga energi yang dilepaskannya pun lebih besar dari energi yang dilepas fisi nuklir.

Bom Atom hanya menggunakan fisi nuklir, sedangkan bom nuklir menggunakan fisi nuklir sekaligus dengan fusi nuklir. Sehingga daya ledak dari bom nuklir ini lebih dahsyat jika dibandingkan dengan bom atom.

Sebagai perumpamaan, ledakan dari bom atom Hiroshima yang dinamakan ‘Little Boy’ melepaskan sekitar 15 kiloton energi atau setara dengan 15.000 ton TNT. Sedangkan pada bom Nagasaki yang dinamakan ‘Fat Man’ menghasilkan ledakan sekitar 21 kiloton.

Baca juga : Ini Perbandingan Tsar Bomba Rusia dengan Bom Atom Amerika Serikat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)