Wush, Alat Ini Bisa Bikin Manusia Lari Lebih Cepat

Sabtu, 04 November 2023 - 21:00 WIB
loading...
Wush, Alat Ini Bisa Bikin Manusia Lari Lebih Cepat
Exosuit atau exoskeleton adalah kerangka logam yang dilengkapi dengan otot bermotor. (Foto: Oddity Central)
A A A
JAKARTA - Mimpi manusia untuk lari lebih cepat seperti flash akan terwujud dalam waktu dekat, setelah para ilmuwan di Universitas Chung-Ang Korea Selatan menciptakan exosuit ultra-ringan. Alat ini dapat membantu manusia bergerak lebih cepat.

Exosuit atau exoskeleton adalah kerangka logam yang dilengkapi dengan otot bermotor. Meskipun masih belum populer, namun teknologi semacam ini telah memudahkan manusia membawa beban serta membantu orang-orang disabilitas bergerak dengan mudah.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu (4/11/2023), exosuit ultra-ringan buatan Korea Selatan memiliki berat 2,5 Kg. Alat ini mampu membantu orang rata-rata berlari 200 meter hampir satu detik lebih cepat daripada tanpa menggunakan perangkat tersebut.

"Melampaui batas tubuh manusia adalah keinginan dasar manusia," tulis Junyoong Moon, salah seorang peneliti, dalam sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan.



"Hasil kami akan menjadi titik awal untuk penelitian yang berfokus pada melebihi batas kemampuan manusia melalui robot yang dapat dipakai."

Selain ringan, desain exosuit ini sangat minimalis. Terdiri dari ransel yang berisi baterai yang memberikan daya pada kabel yang menghubungkan ransel dengan pinggul dan paha. Ketika pemakai melangkah, kabel yang terpasang akan menyempit, menarik kaki yang terlambat maju lebih cepat dari biasanya.

Exosuit ini juga dilengkapi dengan sejumlah sensor dan komputer yang menganalisis langkah pemakai dan menyinkronkan baju tersebut dengan langkah orang tersebut.



Untuk menguji alat ini, ilmuwan meminta pelari amatir memakainya dan berlari sejauh 200 meter. Kemudian, setiap pelari menempuh jarak yang sama tanpa menggunakan baju tersebut.

Data menunjukkan exosuit membantu orang meningkatkan waktu berlari sebanyak 0,97 detik. Capaian ini mungkin terdengar sedikit tetapi sebenarnya merupakan perbedaan yang cukup signifikan untuk lari cepat .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)