10 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Israel Nomor Berapa?

Rabu, 08 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
10 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak di Dunia, Israel Nomor Berapa?
Sejumlah negara berlomba-lomba memproduksi dan mengembangkan senjata nuklir, untuk memastikan keamanan negaranya. (Foto: Sciencing)
A A A
JAKARTA - Senjata nuklir telah terbukti membuat kerusakan luar biasa saat dijatuhkan di Nagasi dan Hiroshima pada tahun 1945. Namun, tampaknya dunia tak jera meski tahu dampak perang nuklir dapat mengancam eksistensi umat manusia.

Sejumlah negara pun berlomba-lomba memproduksi dan mengembangkan senjata nuklir, untuk memastikan keamanan negaranya. Amerika Serikat misalnya, belakangan membuat heboh dengan mengumumkan akan mengembangkan versi baru bom nuklir yang kekuatannya berkali-kali lipat lebih dahsyat ketimbang yang dijatuhkan di Jepang dalam Perang Dunia II.

Tak kalah hebohnya, salah seorang Menteri Israel juga membuat pernyataan kontroversial dengan mengusulkan penggunaan bom nuklir untuk meratakan Gaza. Menilik data yang ada, berapa sejatinya jumlah senjata nuklir yang dimiliki Israel dan negara-negara lainnya, seperti China, Amerika Serikat dan Rusia?

Berikut 10 negara yang memiliki senjata nuklir terbanyak di dunia, dikutip dari Insider, Rabu (8/11/2023).

10. Korea Utara (30 senjata nuklir)


Negara pertama dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia adalah Korea Utara dengan perkiraan 30 hulu ledak nuklir. Untuk menunjukkan kemampuan nuklirnya, Korea Utara melakukan uji coba nuklir pertamanya di bawah tanah pada 9 Oktober 2006.

Baca Juga: Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur

9. Italia (35 senjata nuklir)


Italia adalah satu-satunya negara dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia yang tidak memproduksi atau memiliki senjata nuklir sendiri.

Sebaliknya, Italia adalah salah satu dari lima anggota NATO yang memiliki hulu ledak nuklir AS di wilayah mereka sebagai bagian dari perjanjian berbagi nuklir. Menurut publikasi Federasi Ilmuwan Amerika, Italia menyimpan 35 senjata nuklir pada 2022. Italia menyimpan jumlah senjata nuklir terbesar di antara 5 anggota NATO.

8. Israel (90 senjata nuklir)


Israel tidak mengakui atau membantah memiliki senjata nuklir. Namun, semua negara yakin Israel memiliki senjata nukir meski tidak masuk sebagai Negara Pemilik Senjata Nuklir oleh Traktat Non-Proliferasi (NPT). Estimasi yang dibuat oleh komunitas intelijen AS menunjukkan bahwa Israel memiliki sekitar 90 senjata nuklir.

7. India (164 senjata nuklir)


Pada tahun 1974, India menguji perangkat nuklir pertamanya. Menurut data terbaru yang dilaporkan, India diperkirakan memiliki 164 senjata nuklir. Tidak semua hulu ledak nuklir India berada dalam kendali militer.

6. Pakistan (170 senjata nuklir)


Pakistan menjadi negara pemilik senjata nuklir setelah melakukan uji coba nuklir pada Mei 1998, hampir 24 tahun setelah uji coba nuklir pertama India. Hubungan antara India dan Pakistan seringkali penuh konflik, meskipun keduanya adalah negara-negara pemilik senjata nuklir.

Diperkirakan Pakistan memiliki 170 senjata nuklir. Pakistan menempati posisi lebih tinggi daripada India dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia.

5. Inggris (225 senjata nuklir)


Britania Raya memulai program senjata nuklir selama Perang Dunia II, dan pada 1952, menjadi negara ketiga di dunia yang memiliki senjata nuklir. Dengan perkiraan 225 hulu ledak nuklir, Britania Raya masuk dalam lima besar negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia. Namun, hanya 120 dari total hulu ledak nuklir yang dikerahkan dengan kekuatan operasional.

Britania Raya juga termasuk dalam empat negara yang memiliki senjata nuklir dalam keadaan siaga tinggi, siap digunakan dalam waktu singkat. Negara-negara lain adalah Rusia, Prancis, dan Amerika Serikat, yang semuanya memiliki lebih banyak senjata nuklir daripada Britania Raya.

4. Prancis (290 senjata nuklir)


Pada tahun 1960, Prancis menjadi negara keempat yang mengembangkan senjata nuklir secara independen dan juga salah satu dari lima "Negara Pemilik Senjata Nuklir" dalam Traktat Non-Proliferasi Senjata Nuklir. Menurut data terbaru, Prancis diperkirakan memiliki 290 hulu ledak nuklir. Dari total 290 hulu ledak nuklir, 280 di antaranya dikerahkan dengan kekuatan operasional. Prancis juga salah satu dari empat negara yang memiliki senjata nuklir dalam keadaan siaga tinggi, artinya siap digunakan kapan saja.

3. China (410 hulu ledak nuklir)


China menempati posisi ketiga dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia. China menjadi negara kelima yang memiliki senjata nuklir pada 1964. Menurut data terbaru yang dilaporkan, dari 410 senjata nuklir Tiongkok diyakini tidak dikerahkan. Artinya senjata-senjata tersebut berada dalam penyimpanan dan tidak dikerahkan pada peluncur.


2. Amerika Serikat (5.244 hulu ledak nuklir)


Amerika Serikat adalah salah satu dari dua negara yang diperkirakan memiliki lebih dari 5.000 senjata nuklir. Menurut data terbaru, Amerika Serikat memiliki 5.244 hulu ledak nuklir. Namun, hanya 1.670 di antaranya yang dikerahkan dengan kekuatan operasional. Amerika Serikat terus mengurangi stok senjata nuklirnya dan 1.536 dari total senjata nuklirnya telah dipensiunkan.

1. Rusia (5.889 hulu ledak nuklir)


Rusia menempati posisi teratas dalam daftar 10 negara dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia. Rusia mewarisi senjata nuklir dari Uni Soviet dan memiliki persediaan senjata nuklir terbesar di dunia. Menurut data terbaru, Rusia diperkirakan memiliki 5.889 hulu ledak nuklir. Meskipun sekitar 1.400 dari total nuklir Rusia telah dipensiunkan, sekitar 1.674 dikerahkan dengan kekuatan operasional. Beberapa senjata nuklir Rusia juga dalam keadaan siaga tinggi dan siap digunakan kapan saja.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)