Ini Penampakan Pelangi Paling Lengkap, Berbentuk Lingkaran Sempurna

Rabu, 08 November 2023 - 15:34 WIB
loading...
Ini Penampakan Pelangi Paling Lengkap, Berbentuk Lingkaran Sempurna
Penampakan pelangi paling lengkap berbentuk lingkaran sempurna terekam petugas kepolisian saat berpatroli dengan helikopter di atas Vale of Glamorgan di South Wales. Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Penampakan pelangi paling lengkap berbentuk lingkaran sempurna terekam petugas kepolisian saat berpatroli dengan helikopter di atas Vale of Glamorgan di South Wales. Fenomena alam seperti ini termasuk langka sehingga yang bisa menyaksikan dianggap sangat beruntung.

Unit Layanan Udara Polisi Nasional (NPAS) Wilayah Barat Daya & Wales yang berbasis di St Athan berhasil mengabadikan bentuk pelangi yang melingkar sempurna setelah membantu Polisi South Wales. “Sore semuanya. Sebuah foto bagus,” cuit NPAS disertai postingan foto pelangi berbentuk lingkaran sempurna dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (8/11/2023).

Menurut kantor BMKG Inggris, Met Office, fenomena pelangi berbentuk lingkaran penuh jarang terjadi. Namun, secara ilmiah bisa dijelaskan proses pembentukannya dan faktor-faktor penyebabnya.



“Jika Anda cukup beruntung berada di posisi yang tepat dan waktu yang tepat, Anda dapat melihat pelangi berbentuk lingkaran penuh dengan segala kemegahannya,” keterangan Met Office.

Pusat pelangi biasanya berhadapan langsung dengan posisi matahari di langit, artinya lebih banyak pelangi yang terlihat saat matahari mendekati cakrawala. Oleh karena itu, biasanya pelangi terbesar akan terlihat saat matahari terbit atau terbenam.
Ini Penampakan Pelangi Paling Lengkap, Berbentuk Lingkaran Sempurna


Nah, untuk dapat melihat pelangi berbentuk lingkaran penuh, Anda harus dapat melihat tetesan air di bawah cakrawala yang dapat diamati. “Faktor kunci yang menentukan seberapa banyak pelangi yang Anda lihat adalah titik referensi visual Anda,” tulis Met Office.

Dalam kebanyakan kasus, bentuk pelangi yang terlihat kurang dari setengah lingkaran sesuai karakteristik busur pelangi . Jika posisi berada di daratan, tidak berada dalam posisi optimal untuk melihat pelangi berbentuk lingkaran.



“Namun, jika Anda berdiri di atas gedung tinggi atau melihat ke luar pesawat, mungkin ada tetesan air dan sinar matahari di bawah titik pengamatan Anda. Jika kondisinya tepat, itu memberi kesempatan untuk melihat pelangi secara keseluruhan (berbentuk lingkaran),” lanjut Met Office.

Meskipun fenomena langka, pelangi bulat sempurna juga pernah disaksikan di beberapa wilayah. Tahun lalu, NASA membagikan foto menakjubkan pelangi terbalik atau busur sirkumzenithal, yang muncul di atas pohon palem di Ragusa, Sisilia.

Banyak yang mendefinisikan Circumzenital Arch sebagai pelangi yang tersenyum, karena warnanya terbalik dibandingkan dengan pelangi biasa. Pelangi ini terlihat oleh astrofotografer dan guru sekolah dasar Italia, Marcella Giulia Pace (47), saat matahari sedang rendah di langit.

“Dari semua fenomena halo, ini adalah fenomena yang warnanya paling jelas dan cerah, seperti yang terlihat di foto, bahkan lebih terang dibandingkan pelangi,” tulis Pace.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)