7 Filosofi Warna Pelangi, Nomor Terakhir Bermakna Lembut

Jum'at, 11 November 2022 - 14:49 WIB
loading...
7 Filosofi Warna Pelangi, Nomor Terakhir Bermakna Lembut
Warna Pelangi yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu ini rupanya memiliki filosofi atau maknanya tersendiri. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Warna Pelangi yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu ini rupanya memiliki filosofi atau maknanya tersendiri. Pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang kehadirannya selalu memikat perhatian karena warna indahnya.

Dalam beberapa budaya, legenda, dan agama, kemunculan pelangi ini sering dikaitkan dengan kebaikan. Tak ayal bila warna yang ada juga mengandung makna tersirat di dalamnya.

Baca juga : Mengapa Pelangi Terlihat Ada 7 Warna? Ini Fakta Sebenarnya

Berikut penjelasan tujuh warna pelangi berdasar filosofinya yang dilansir dari color-meanings.com :

1. Merah

Warna pertama dari pelangi ini melambangkan energi dan kebijaksanaan atau bisa juga disimbolkan sebagai "akar dan dasar dari keberadaan". Merah pada dasarnya dikenal sebagai warna yang memiliki emosi yang kuat.

Dari beberapa literatur merah dapat digunakan untuk mewakili gairah, cinta yang kuat, atau mewakili permusuhan. Bila di beberapa negara seperti Jepang dan China, merah menjadi warna yang paling dihormati.

2. Jingga

Gabungan antara merah dan kuning ini juga memberikan filosofi gabungan antara kedua warna tersebut. Sehingga warna ini dapat mewakili ambisi dan juga pengendalian diri.

Dalam konteksnya, jingga sering dikaitkan dengan energi yang mewakili kreativitas, seksualitas, dan kesuburan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1015 seconds (10.177#12.26)