Wow, Berlian Biru Berbentuk Buah Pir Terjual Rp688 Miliar

Kamis, 09 November 2023 - 18:06 WIB
loading...
Wow, Berlian Biru Berbentuk Buah Pir Terjual Rp688 Miliar
Dengan berat 17,61 karat, Bleu Royal adalah salah satu berlian biru terbesar yang pernah muncul dalam sejarah. (Foto: Gulfnews)
A A A
JAKARTA - Rekor penjualan berlian tahun ini berhasil dipecahkan di Geneva, Swiss. Berlian biru yang sangat langka terjual lebih dari USD40 juta atau sekitar Rp688 miliar.

Dengan berat 17,61 karat, Bleu Royal adalah berlian biru terbesar yang pernah muncul dalam sejarah lelang. Awalnya, Bleu Royal diperkirakan akan terjual antara USD35 juta hingga USD50 juta dalam lelang Permata Megah Christie’s.

Dikutip dari Gulfnews, Kamis (9/11/2023), setelah babak penawaran intens selama tujuh menit antara tiga calon pembeli potensial, berlian tersebut dibeli oleh kolektor pribadi yang memilih untuk tetap anonim dengan harga 39,505 juta franc Swiss (USD43,8 juta), termasuk pajak dan biaya.

"Kami sangat senang," kata Max Fawcett, kepala perhiasan Christie’s di Geneva, kepada AFP segera setelah palu lelang diketok.



Dia menunjukkan bahwa intan tersebut terjual sekitar USD2,5 juta per karat, menjadikannya perhiasan termahal yang terjual sepanjang 2023 oleh rumah lelang manapun di dunia. Secara historis, rekor ini masuk dalam 10 perhiasan termahal yang pernah terjual.

Berlian berbentuk pir, yang dipasang di cincin ini telah berada dalam koleksi pribadi selama beberapa dekade dan penjualan pada Selasa kemarin adalah kali pertama ia dilelang.

Kelas Teratas


Sebelum penjualan pada lelang Selasa kemarin, Kepala Internasional Perhiasan Christie’s, Rahul Kadakia, menyoroti warna luar biasa berlian tersebut.

Dia menyebut banyak intan berwarna modern memiliki pemotongan yang dimodifikasi untuk meningkatkan warnanya.

Dalam kasus Bleu Royal, materi mentahnya begitu kaya sehingga dapat dipotong dalam gaya faset berlian klasik. "Semuanya cocok dengan kriteria, benar-benar kelas teratas," ujarnya.



Berlian biru dengan berat lebih dari 10 karat sangatlah langka. Sejak berdiri pada 1766, hanya ada tiga batu semacam itu yang muncul untuk dijual. Salah satunya adalah Oppenheimer Blue, yang terjual seharga USD57,5 juta dalam lelang tahun 2016, dan merupakan satu-satunya intan yang pernah dijual oleh Christie’s dengan harga lebih tinggi daripada Bleu Royal. Sementara itu, rumah lelang pesaing Sotheby’s menjual De Beers Cullinan Blue tahun lalu, dengan harga USD57 juta.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2169 seconds (0.1#10.140)