Penyelam Temukan Harta Karun di Pantai Sardinia

Jum'at, 10 November 2023 - 12:57 WIB
loading...
Penyelam Temukan Harta Karun di Pantai Sardinia
Puluhan ribu koin kuno ditemukan di lepas pantai Sardinia, Italia. (Foto: AP)
A A A
ITALIA - Puluhan ribu koin kuno ditemukan di lepas pantai Sardinia, Italia. Diduga koin-koin ini berasal dari kapal yang karam ratusan tahun silam.

Penemuan harta karun ini bermula dari seorang penyelam yang curiga setelah melihat sesuatu yang berkilauan di dasar laut. Sang penyelam lantas melaporkan temuan ini ke kementerian budaya Italia pada akhir pekan kemarin.

Mendapat laporan ini pihak otoritas berwenang langsung mengirim penyelam beserta perwakilan dari departemen arkeologi bawah laut. Hasilnya, tim berhasil menemukan koin-koin perunggu yang berasal dari paruh pertama abad keempat di Padang Lamun, tidak jauh dari pantai timur laut pulau di Laut Tengah itu.

“Mengingat lokasi dan bentuk dasar laut, mungkin ada sisa-sisa reruntuhan kapal di dekatnya,” kata perwakilan pihak kementerian dikutip dari AP, Jumat (10/11/2023).



Jumlah koin kuno yang sudah diambil dari dasar laut belum diketahui pasti angkanya, karena masih dalam proses penghitungan. Namun, diperkirakan ada setidaknya 30.000 hingga 50.000, mengingat berat keseluruhan koin.

“Hampir seluruh koin dalam keadaan baik. Beberapa koin yang rusak masih memiliki inskripsi yang dapat dibaca,” kata perwakilan kementerian.



Luigi La Rocca, seorang pejabat departemen arkeologi Sardinia mengatakan harta karun yang ditemukan di perairan sekitar Arzachena ini merupakan salah satu penemuan paling penting dalam beberapa tahun terakhir.

Temuan ini, kata dia, adalah bukti lebih lanjut tentang kekayaan dan pentingnya warisan arkeologi di laut Italia, yang dilalui oleh manusia dan barang dari zaman paling kuno.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3098 seconds (0.1#10.140)