Apa Rahasia Panjang Umur? Ini Hasil Riset Terbarunya

Senin, 13 November 2023 - 22:05 WIB
loading...
Apa Rahasia Panjang Umur? Ini Hasil Riset Terbarunya
Gaya hidup memegang peranan penting untuk mendapat umur panjang. (Foto: Gulf News)
A A A
JAKARTA - Rahasia panjang umur telah menjadi misteri yang belum terpecahkan sepanjang peradaban umat manusia. Namun, perlahan tapi pasti, mulai terbuka satu per satu.

Dalam studi terbaru tentang rahasia panjang umur yang dilakukan tim peneliti di Universitas Madrid ditemukan bahwa gaya hidup memegang peranan penting. Hasil riset yang dilakukan terhadap 14 ribu responden berusia 100 hingga 107 tahun itu tertuang dalam Jurnal Kajian Kebahagiaan.

Disebutkan, para peneliti yang mengevaluasi karakteristik kepribadian, menemukan para peserta yang berumur panjang umumnya menunjukkan 19 ciri. Di antaranya rasa syukur, antusiasme terhadap pendidikan, aktivitas, rasa ingin tahu, kecerdasan tinggi, dll.



Dikutip dari Gulf News, Senin (13/11/2023), ciri utama yang diamati pada orang yang mencapai usia 100 tahun adalah rasa ingin tahu. Atribut lain seperti humor, keyakinan agama, keceriaan, dan keberanian menduduki peringkat kedua. Kualitas-kualitas tersebut terbukti sangat penting untuk menjaga kesehatan seseorang, terutama kesehatan mental.

Para peneliti berencana terus mempelajari kelompok usia yang luar biasa ini. Pemeriksaan gaya hidup para responden menyoroti cara-cara untuk hidup sehat di usia lanjut.



Dalam hal ini para peneliti menekankan pentingnya merawat rasa ingin tahu, menjelajahi budaya yang berbeda, traveling, membaca buku, dan aktivitas intelektual yang berkelanjutan untuk meningkatkan probabilitas hidup yang panjang dan sehat.

Dalam penelitian sebelumnya, disebutkan bahwa terlibat dalam latihan memori pada masa muda berkontribusi pada mempertahankan kemampuan ingatan di tahun-tahun selanjutnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3308 seconds (0.1#10.140)