Siap-Siap, Hujan Meteor Leonid Mengguyur Langit Malam Ini

Jum'at, 17 November 2023 - 10:14 WIB
loading...
Siap-Siap, Hujan Meteor Leonid Mengguyur Langit Malam Ini
Malam ini diperkirakan 10 hingga 15 meteor akan meluncur per jam. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Atraksi hujan meteor Leonid akan menghiasi langit pada Jumat (17/11) malam hingga Sabtu (18/11) dini hari. Peristiwa spektakuler tahunan ini sayang untuk dilewatkan.

Puncak hujan meteor Leonid terjadi ketika Bumi melewati medan puing yang ditinggalkan oleh komet 55P/Tempel-Tuttle. Tahun ini, di bawah langit yang gelap, diperkirakan 10 hingga 15 meteor akan meluncur per jam.

Dikutip dari USA Today, Jumat (17/11/2023), Hujan Meteor Leonid dapat terlihat sejak 3 November hingga hingga 2 Desember. Namun puncaknya pada malam ini.

Apa itu Hujan Meteor Leonid?


Meteor sebenarnya adalah pecahan-pecahan debu dan puing-puing berukuran kacang dan pasir yang terlepas dari komet 55P/Tempel-Tuttle saat berayun di sekitar Bumi. Debu dan puing-puing terbakar ketika menyentuh atmosfer kita.

"Saat komet mengorbit matahari, mereka meninggalkan debu di belakang orbit," kata Theodore Kareta, peneliti pascadoktoral di Lowell Observatory di Flagstaff, Arizona.



Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintasi salah satu jejak debu komet ini dan debu terbakar di atmosfer.
“Seberapa banyak debu dalam jejak itu, sudut di mana Bumi melintasinya, dan kapan waktu dalam setahun ini terjadi, semuanya menjadi faktor dalam melihat, kapan harus melihat, dan apakah hujan meteor benar-benar menakjubkan atau biasa saja," terangnya.

Di Mana Leonid Terlihat?


Meteror Leonid dapat dilihat langit arah timur. Hujan meteor ini dapat disaksikan dengan mata telanjang. Namun dibutuhkan waktu beradaptasi bagi mata serta mensyaratkan lokasi pengamatan yang rendah polusi cahaya.



"Beberapa meteor bisa redup, jadi selain menemukan tempat gelap untuk menatap langit malam, Anda juga harus memberi diri 20-30 menit untuk membiarkan mata terbiasa dengan kondisi cahaya rendah," kata Theodore Kareta.

Untungnya bagi pengamat langit, Leonid seringkali adalah meteor yang terang dengan persentase yang tinggi dari jejak yang persisten.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3099 seconds (0.1#10.140)