Catat, Jadwal Penampakan Uranus dan Hujan Meteor di Bulan November

Rabu, 08 November 2023 - 19:27 WIB
loading...
Catat, Jadwal Penampakan Uranus dan Hujan Meteor di Bulan November
Uranus akan tampak indah dari Bumi pada 13 November 2023. (Foto: Wionews)
A A A
JAKARTA - Fenomena langit berupa penampakan planet Uranus yang sangat indah serta hujan meteor Leonid akan terjadi pada bulan November 2023.

Fenomena langka ini bisa disaksikan dengan mata telanjang dan teleskop sederhana dari berbagai belahan dunia. Jadi siap-siap mencari lokasi yang tepat untuk menikmatinya.

Penampakan indah planet Uranus dijadwalkan terjadi pada Senin, 13 November 2023 malam. "Masyarakat bisa melihat cincin yang mengelilingi planet tersebut dengan perlengkapan yang memadai," tulis IFL Science, Rabu (8/11/2023).

Planet Uranus bakal dengan mudah terlihat dari Bumi dengan mata telanjang karena beberapa faktor. Pertama, di hari itu planet terdingin di tata surya itu akan berada di posisi paling dekat dengan Bumi. Pada hari itu jarak yang terjadi antara Uranus dan Bumi 2,78 miliar kilometer. Kedua, Uranus memiliki dimensi yang jauh lebih besar dibandingkan Bumi. Ukurannya empat kali lebih besar dari Bumi.



"Berbekal teleskop sederhana penampakannya akan jauh lebih megah. Apalagi jika menggunakan telekskop yang lebih besar dan punya alat tambahan lainnya maka bisa terlihat cincin yang mengelilingi Uranus," tulis IFL Science.

Selain penampakan Uranus yang sangat dekat dengan Bumi, Planetarium Jakarta mencatat ada beberapa fenomena astronomi yang tidak boleh dilewatkan seperti opsisi Jupiter yang terjadi pada 3 November 2023 dan hujan meteor taurid yang terjadi pada 28 September-2 Desember 2023.



"Ada juga Puncak Hujan Meteor Leonid terjadi pada tanggal 17-18 November 2023. Hujan Meteor ini dapat diamati dari tanggal 6-30 November 2023 pada tengah malam hingga menjelang Matahari terbit," tulis Planetarium Jakarta di akun Instagram resminya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2975 seconds (0.1#10.140)