NOAA Prediksi Air Permukaan Laut Akan Naik hingga 40 Kaki

Senin, 20 November 2023 - 10:39 WIB
loading...
A A A
Negara mana yang akan paling terpengaruh? Pertama, mari dilihat negara-negara dengan ketinggian terendah.

Menurut Union of Concerned Scientists (UCS), Maladewa, yang terdiri dari 1.200 pulau karang kecil dan rumah bagi sekitar 540.000 orang, adalah negara terdatar di Bumi, dengan ketinggian rata-rata hanya 3 kaki (1 meter).

Negara lain dengan ketinggian rata-rata yang sangat rendah sekitar 6 kaki (1,8 meter) di atas permukaan laut adalah Kiribati. Pulau kecil di jantung Pasifik ini, dengan populasi hampir 120.000 jiwa, bisa kehilangan dua pertiga daratannya jika permukaan laut naik 3 kaki.

Faktanya, hampir semua orang yang tinggal di Kepulauan Pasifik kemungkinan besar akan sangat terpengaruh oleh naiknya permukaan laut.

"Sekitar tiga juta penduduk yang tinggal dalam jarak 6,2 mil (10 kilometer) dari pantai. Oleh karena itu, mungkin perlu pindah sebelum akhir abad ini," kata Science and Development Network, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada memfasilitasi pembelajaran ilmiah.

Kenaikan permukaan laut akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia dan lingkungan. Wilayah pesisir yang terletak di bawah permukaan laut akan terendam air, sehingga jutaan orang akan kehilangan tempat tinggalnya. Kenaikan permukaan laut juga akan menyebabkan kerusakan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, dan pelabuhan.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)