NOAA Prediksi Air Permukaan Laut Akan Naik hingga 40 Kaki

Senin, 20 November 2023 - 10:39 WIB
loading...
NOAA Prediksi Air Permukaan Laut Akan Naik hingga 40 Kaki
Air Permukaan Laut Akan Naik hingga 40 Kaki. FOTO/ WION NEWS
A A A
NEW YORK - Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) umumkan permukaan air laut naik dengan cepat.



Meningkat lebih dari dua kali lipat, dari 0,06 inci (1,4 milimeter) per tahun di sebagian besar abad ke-20, menjadi 0,14 inci (3,6 milimeter).

NOAA memperkirakan permukaan laut kemungkinan akan naik setidaknya 1 kaki (0,3 meter) di atas tingkat yang terlihat pada 2000 pada awal abad berikutnya, sementara Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB memperkirakan itu akan naik 16 hingga 25 inci (40 dan 63 sentimeter) pada 2100.

Kenaikan permukaan laut tertinggi akan terjadi di wilayah kutub, karena es dan gletser di wilayah tersebut akan mencair lebih cepat. Wilayah pesisir yang terletak di bawah permukaan laut juga akan mengalami kenaikan permukaan laut yang signifikan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change pada tahun 2013, kenaikan permukaan laut sebesar 2 derajat Celcius akan menyebabkan kenaikan permukaan laut rata-rata global sebesar 2,3 meter. Namun, kenaikan permukaan laut di wilayah kutub bisa mencapai 10 meter.

"Jika permukaan laut naik sejauh ini, itu bisa mendatangkan malapetaka di seluruh dunia. Sebanyak 250 juta orang, yang mencakup semua benua, dapat dipengaruhi secara langsung pada tahun 2100," kata sebuah studi 2019 di jurnal Nature Communications.

Jadi, apakah negara, kota, atau negara bagian ini akan hilang sama sekali dalam hidup kita, dan adakah yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana?

"Apakah kota atau negara menghilang tergantung pada apakah kita sebagai manusia melakukan sesuatu untuk melawan ancaman itu," kata Gerd Masselink, pakar geomorfologi pesisir di University of Plymouth, di Inggris, kepada Live Science.

"Sebagian besar wilayah Belanda sudah berada di bawah permukaan laut, tetapi tidak menghilang, karena Belanda sedang membangun dan memelihara pertahanan pesisirnya," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)