Mirip Alien, Makhluk Aneh Ini Bisa Hidup Tanpa Air

Senin, 20 November 2023 - 13:16 WIB
Mirip Alien, Makhluk Aneh Ini Bisa Hidup Tanpa Air
Tardigrada dikenal sebagai spesies kedua yang berhasil mencapai Bulan. (Foto: The Sun)
JAKARTA - Bentuk tubuh Tardigrada yang aneh oleh sebagian orang dianggap mirip alien. Uniknya lagi, makhluk ini memiliki kemampuan luar biasa bisa bertahan hidup tanpa air. Para ahli bahkan menduga, Tardigrada berasal dari luar angkasa.

Makhluk mikroskopis ini memang begitu aneh sehingga beberapa ilmuwan bertanya-tanya apakah mereka tiba di sini melalui meteorit. Dikutip dari The Sun, Senin (20/11/2023), makhluk kecil ini sebagian besar hidup di lingkungan akuatik tetapi bisa berada di mana saja, termasuk di wajah manusia. Penelitian telah menemukan bahwa mereka dapat bertahan tanpa air dan suhu sekitar 300 derajat Fahrenheit.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah blog dari Universitas Negara Bagian Ohio, sejumlah teori menyebutkan tardigrada melakukan perjalanan ke Bumi jutaan tahun yang lalu melalui meteorit.

"Jejak bahan biotik telah ditemukan pada batuan berusia 4,1 miliar tahun di Australia Barat. Beberapa berpikir bahwa mereka tiba di sini secara acak, dan bahkan telah dihipotesiskan bahwa makhluk luar angkasa yang cerdas menaruh tardigrada di Bumi untuk menciptakan kehidupan."

Jonathon Stone, yang juga dikenal sebagai Doc Roc, angkat suara tentang hipotesis ini. Profesor di Universitas McMaster di Kanada ini kurang sepakat dengan pendapat tersebut.

"Hipotesis Panspermia adalah salah satu penjelasan mengapa kehidupan ada di Bumi, dengan saran bahwa 'kehidupan' muncul di tempat lain dan menyebar melintasi ruang dan waktu. Kata tersebut sendiri diterjemahkan sebagai 'semua biji,' dan paling terkenal dipromosikan oleh Arrhenius, yang menyarankan bahwa kehidupan menyebar seperti biji melintasi ruang luar oleh gaya kosmik seperti tekanan radiasi," katanya.

Ketika ditanya apakah tardigrada bisa dianggap alien, Stone skeptis. Dia mengatakan tardigrada adalah hewan mikroskopis dan kebanyakan orang tidak akrab dengan dunia tersebut.

"Saya kira beberapa spesies terlihat seperti alien yaitu, dalam arti film Hollywood, mereka telah digunakan dalam beberapa produksi besar, seperti Ant Man & Wasp, misalnya,” ujarnya.

Dia juga berpikir kemampuan tardigrada untuk bertahan dalam kondisi ekstrem telah berkontribusi pada atribusi tidak seperti makhluk Bumi.

Tardigrada juga dikenal sebagai spesies kedua yang mencapai Bulan. Pada tahun 2019, wahana antariksa Israel Beresheet yang membawa ribuan makhluk sebagai bagian dari eksperimen ilmiah, menghantam bulan. Beberapa ahli meyakini ada kemungkinan besar Tardigrada selamat dari kecelakaan tersebut.

Namun, sekali lagi Dr. Stone tidak percaya dengan klaim bahwa Tardigrada adalah makhluk alien . Dia menegaskan, setiap entitas hidup yang sejauh ini ditemukan di Bumi pada akhirnya berasal dari nenek moyang yang sama. "Ketika saya membawa mahasiswa mencari fosil, spesimen yang kita temukan kadang-kadang adalah perwakilan yang tidak lagi ada (misalnya trilobit). Hewan-hewan kuno ini dan lainnya terlihat seperti alien."