Modal Gigi, Ibu Muda Ini Raih Rekor Dunia

Sabtu, 25 November 2023 - 19:00 WIB
loading...
Modal Gigi, Ibu Muda Ini Raih Rekor Dunia
Kalpana Balan meraih rekor sebagai perempuan dengan jumlah gigi terbanyak di dunia. (Foto: Guinness World Records)
A A A
JAKARTA - Seorang ibu muda asal India, Kalpana Balan, berhasil meraih rekor dunia berkat giginya. Dia ditahbiskan sebagai perempuan dengan jumlah gigi terbanyak di dunia.

Perempuan 26 tahun itu memiliki total 38 gigi, enam lebih banyak dari rata-rata orang dewasa. Dia memiliki empat gigi tambahan di rahang bawah dan dua gigi tambahan di rahang atas.

Dikutip dari laman Guinness World Records, Sabtu (25/11/2023), pemegang rekor pria adalah Evano Mellone asal Kanada, yang memiliki 41 gigi. Gigi-gigi tambahan Kalpana mulai tumbuh satu per satu selama masa remajanya. Meskipun tidak menyebabkan sakit, gigi-gigi tersebut menjadi masalah saat makan karena seringkali makanan tersangkut.



Kalpana mengungkapkan orangtuanya terkejut ketika pertama kali melihat gigi tambahan tersebut dan memintanya mencabutnya. Namun, dokter gigi Kalpana menyarankan agar menunggu sampai gigi-gigi itu tumbuh lebih banyak karena tidak mudah mencabutnya. Kalpana memutuskan tetap mempertahankan gigi-gigi tersebut, bahkan setelah semuanya tumbuh sepenuhnya, karena dia khawatir menjalani prosedur pencabutan gigi.

Setelah mencapai rekor dunia ini, Kalpana mengatakan senang dengan keputusannya. "Saya sangat senang mendapatkan gelar Guinness World Records . Ini adalah pencapaian seumur hidup saya," katanya.



Kalpana mungkin bisa memperpanjang rekor tersebut di masa depan, karena masih memiliki dua gigi lagi yang belum tumbuh. Istilah medis untuk keberadaan gigi berlebih adalah hiperdontia atau polidontia. Hingga 3,8 persen dari populasi dunia memiliki satu atau lebih gigi tambahan. Hiperdontia adalah hasil dari gangguan dalam proses pembentukan gigi, meskipun penyebab pastinya tidak diketahui.

Diperkirakan gigi tambahan berkembang dari tunas gigi tambahan yang muncul dekat dengan tunas gigi biasa, atau mungkin dari pemisahan tunas gigi biasa. Bisa juga karena keturunan, termasuk sindrom Gardner, penyakit Fabry, displasia cleidocranial, dan bibir sumbing.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)