Misteri Potongan Kaca Berkilau di Gurun Laut Pasir Besar

Minggu, 26 November 2023 - 00:41 WIB
loading...
A A A
Sampel-sampel tersebut dipelajari dengan teknik mikroskopi transmisi elektron (TEM) mutakhir, yang memungkinkan melihat partikel-partikel kecil material - 20.000 kali lebih kecil dari ketebalan selembar kertas. Dengan menggunakan teknik perbesaran super tinggi ini, peneliti menemukan mineral-mineral kecil dalam kaca ini: berbagai jenis oksida zirkonium (ZrOâ‚‚).

Mineral terdiri dari unsur kimia, atom-atom yang membentuk kemasan tiga dimensi yang teratur. Bayangkan meletakkan telur atau botol soda di rak supermarket, lapisan di atas lapisan untuk memastikan penyimpanan yang paling efisien. Demikian pula, atom-atom membentuk kisi kristal yang unik untuk setiap mineral. Mineral yang memiliki komposisi kimia yang sama tetapi struktur atom yang berbeda disebut polimorf.

Salah satu polimorf dari ZrO₂ yang diamati dalam kaca gurun Libya disebut zirkonia kubik, jenis yang terlihat pada beberapa perhiasan sebagai pengganti buatan untuk berlian. Mineral ini hanya dapat terbentuk pada suhu tinggi antara 2.250°C dan 2.700°C. Polimorf ZrO₂ lainnya sangat langka disebut ortho-II atau OII. Jenis ini terbentuk pada tekanan sangat tinggi - sekitar 130.000 atmosfer, sebuah satuan tekanan.



Kondisi tekanan dan suhu seperti itu memberikan bukti akan asal-usul dampak meteorit dari kaca ini. Karena kondisi seperti itu hanya dapat diperoleh di kerak Bumi melalui dampak meteorit atau ledakan bom atom.

Kawah induk, tempat meteorit menghantam permukaan Bumi, seharusnya berada di suatu tempat di dekatnya. Kawah meteorit yang dikenal terdekat, bernama GP dan Oasis, masing-masing berdiameter 2 km dan 18 km, dan cukup jauh dari lokasi kaca yang telah diuji. Penelitian lebih lanjut akan diperlukan, kemungkinan dalam bentuk studi penginderaan jauh yang dikombinasikan dengan geofisika.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)