Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon Tranche 4 yang Diincar Turki Milik Jerman

Senin, 27 November 2023 - 16:38 WIB
loading...
Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon Tranche 4 yang Diincar Turki Milik Jerman
Jet Tempur Eurofighter Typhoon Tranche 4 juga memiliki sistem senjata yang lebih beragam dan fleksibel. Foto/The Aviationist/Airbus
A A A
JAKARTA - Turki telah mengumumkan rencana untuk membeli 40 unit jet tempur Eurofighter Typhoon dari Inggris. Hal itu dilakukan setelah mengalami kesulitan dalam mendapatkan pesawat tempur F-35 dari Amerika Serikat.

Jet tempur Eurofighter Typhoon yang akan dibeli Turki adalah pesanan yang sebelumnya ditujukan untuk Arab Saudi, tetapi dibatalkan oleh Jerman karena alasan hak asasi manusia. Jerman khawatir karena jet tempur tersebut akan digunakan untuk mengancam sekutunya, Israel.

Meskipun demikian, Turki tetap bersikeras untuk mendapatkan jet tempur Eurofighter Typhoon, dengan mengandalkan dukungan dari Inggris dan Spanyol.

Turki menginginkan varian terbaru dari jet tempur tersebut, yaitu Tranche 4, yang dilengkapi dengan radar AESA “CAPTOR E”. Jet tersebut dianggap sebagai pesawat tempur modern Eropa yang mampu bertugas hingga tahun 2060.

Spesifikasi Jet Tempur Eurofighter Typhoon Tranche 4


1. Sistem Avionik


Jet tempur ini dilengkapi dengan sistem avionik dan elektronik yang lebih canggih. Beberapa di antaranya seperti radar AESA (Active Electronically Scanned Array) Captor-E, yang dapat mendeteksi dan melacak target udara dan darat dengan jarak dan akurasi yang lebih tinggi.

2. Sistem Persenjataan


Jet Tempur Eurofighter Typhoon Tranche 4 juga memiliki sistem senjata yang lebih beragam dan fleksibel, seperti rudal udara-ke-udara Meteor. Senjata ini mempunyai jangkauan jauh dan kemampuan manuver yang tinggi.



Selain itu, ada pula rudal udara-ke-darat Brimstone yang dapat menghancurkan target bergerak dengan presisi, dan bom pandu laser Paveway IV, yang dapat menyerang target dengan akurasi tinggi.

3. Mesin


Jika dibandingkan dengan varian sebelumnya, Tranche 4 punya performa yang lebih baik. Ini karena menggunakan mesin EJ200 yang lebih bertenaga dan efisien sehingga dapat menghasilkan dorongan (thrust) sebesar 90 kN.

Jet tempur ini juga dapat mencapai kecepatan maksimal Mach 2,0 (sekitar 2.400 km/jam) dan ketinggian maksimal 16.764 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2993 seconds (0.1#10.140)