7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan

Selasa, 28 November 2023 - 09:00 WIB
loading...
7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan
Koala adalah hewan unik yang terancam punah. Pemerintah Australia, misalnya, terus meningkatkan anggaran untuk melindungi Koala. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Koala merupakan hewan ikonik asal Australia yang menggemaskan dan memiliki beragam fakta menarik di habitat pepohonan eukaliptus Australia. Koala memang hewan yang kian lucu dan santai, namun mereka juga sungguh mempesona.

Hewan pemanjat pohon ini adalah hewan berkantung mamalia yang memiliki kantung untuk berkembang biak. Walaupun koala tampak berbulu halus, bulunya lebih serupa dengan bulu domba yang kasar.

Mereka memiliki dua ibu jari yang berlawanan di tangan mereka, serta kedua kaki dan tangannya memiliki bantalan hingga cakar yang kasar untuk berpegangan pada dahan. Hewan ini memiliki dua jari kaki yang menyatu, dimana mereka gunakan untuk menyisir bulunya.

Namun selain itu, apakah fakta-fakta unik lainnya dari hewan asal Australia ini?

Berikut adalah tujuh fakta menarik koala yang jarang diketahui.

1. Pemakan Daun Eukaliptus

Koala terkenal sebab diet eksklusifnya yang terdiri dari daun eukaliptus. Lebih dari 700 spesies eukaliptus yang ada di Australia, serta koala hanya memilih beberapa spesies untuk dimakan. Hal tersebut tidak hanya menentukan rasa khas pada bulu mereka namun pula memberikan tantangan nutrisi yang menakjubkan.

2. Pemanjat Pohon yang Ahli
7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan

Hidup di pohon merupakan sebuah keahlian koala. Dengan kaki yang dilengkapi cakar yang cukup kuat, mereka memanjat pohon dengan keahlian yang memukau. Koala hampir selalu ditemukan ketika berada di cabang pohon, dimana tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktunya.

3. Kantung Pelindung Anak
7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan

Seperti marsupial lainnya, koala memiliki kantung tempat joey (sebutan anak koala) yang berkembang. Proses perkembangan joey ini adalah keajaiban alam yang menawan, mulai dari kelahiran yang kian kecil hingga masa pertumbuhan di dalam kantung pelindung ibunya.

4. Koala Memiliki Hari Libur Sendiri

Diperingati setiap tahun, tepatnya pada tanggal 3 Mei, Hari Koala Liar ditetapkan oleh para kegiatankonservasi koala di seluruh Australia untuk merayakan hewan ini serta melindungi habitat mereka. Seluruh masyarakat pun boleh merayakannya, hingga dianjurkan untuk menyematkan daun eukaliptus pada bajunya.

5. Hidup Sendiri dan Tidak Terlalu Sosial
7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan

Koala cenderung hidup sendiri serta bukan hewan yang terlalu sosial. Hewan ini memiliki wilayah yang mereka pertahankan dengan meninggalkan jejak bau dari kelenjar yang terdapat pada dada mereka.

6. Koala Bukanlah Beruang

Walaupun kerap disebut “koala bear”, koala bukanlah beruang. Justru mereka termasuk dalam ordo marsupialia serta memiliki kesamaan dengan kanguru lebih dari beruang. Sebagai satu-satunya anggota keluarga mereka yang masih hidup, Phascolarctidae, mereka tidak seperti makhluk lain di planet bumi saat ini.


7. Koala Mempunyai Sidik Jari
7 Fakta Menarik Koala, Ahli Panjat Pohon yang Menyimpan Banyak Kejutan

Faktanya, hewan ini adalah satu-satunya hewan selain primata yang memilikinya serta sama seperti kita, masing-masing hewan juga merupakan individu. Mereka juga memiliki pola unik pada hidungnya, yang dapat membantu ahli biologi satwa liar mengidentifikasi serta melacaknya.

Dengan keunikan serta adaptasinya yang menakjubkan, koala tidak hanya menjadi daya tarik di dunia satwa liar, namun juga menjadi simbol kepedulian terhadap keanekaragaman hayati.

Melalui pemahaman lebih dalam mengenai fakta menarik koala, masyarakat mampu lebih menghargai keajaiban yang ada di sekitarnya hingga berkontribusi pada upaya pelestarian alam.

MG/SabrinaAmyraAziz
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2647 seconds (0.1#10.140)