Masjid Hagia Sophia Turki Terancam Runtuh, Ini Penyebabnya

Sabtu, 02 Desember 2023 - 15:00 WIB
loading...
Masjid Hagia Sophia Turki Terancam Runtuh, Ini Penyebabnya
Masjid Hagia Sophia mengalami kerusakan di sejumlah titik. (Foto: History.com)
A A A
JAKARTA - Foto dan video terbaru dari Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Turki mengungkap kerusakan yang disebabkan oleh para pengunjung cagar budaya tersebut.

Isu kerusakan Hagia Sophia mencuat saat laman portal Turki, Duvar merilis film dokumenter pada 28 November lalu. Pembuatnya menyoroti kondisi beton yang rusak akibat masuknya para pengunjung dan jamaah ke masjid.

Serif Yasar dari Yayasan Sejarah Seni Turki berpendapat bahwa Hagia Sophia dalam keadaan begitu memburuk. Bahkan diperkirakan jika terjadi gempa bumi bakal bisa membuatnya roboh. "Sebelum diubah menjadi masjid oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Juli 2020, dibentuk sebuah dewan ilmiah yang bertanggung jawab atas restorasi dan pelestarian Hagia Sophia," kata Serif.

Dewan tersebut kemudian mengusulkan agar manajemen Hagia Sophia hanya menerima tidak lebih dari 25 orang per hari karena kelembapan dari napas pengunjung dapat berdampak negatif pada interior Hagia Sophia. Meskipun ada rekomendasi untuk restorasi menyeluruh, manajemen Hagia Sophia menolak. Alasannya karena situs ini menjadi museum paling menguntungkan di Turki.



Walhasil, bagian-bagian konstruksi terlepas dari titik-titik hubung kubah menandakan seluruh kubah mungkin runtuh jika tidak segera diperbaiki. Kondisi tadi didukung dengan video yang dipublikasikan secara online yang menunjukkan wisatawan duduk di dalam masjid ketika sebagian dinding terjatuh tidak jauh dari mereka.

Merunut sejarah, Hagia Sophia ditetapkan sebagai Gereja Kristen Kebijaksanaan Ilahi. Seiring perubahan menjadi masjid, mozaik Bunda Maria dan Malaikat Jibril ditutupi, dan lantainya ditutupi karpet.

Selain itu, ada kasus vandalisme di lokasi tersebut. Dugaannya mengarah ke ulah para wisatawan yang tak bertanggung jawab.



Mehmet Nuri Ersoy, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, menyatakan pada Oktober lalu bahwa mulai per 15 Januari 2024, turis asing akan dikenakan biaya masuk untuk masjid tersebut. Sebelum status Hagia Sophia diubah dari museum menjadi masjid, harga tiketnya adalah 100 Lira Turki atau sekira Rp54 ribu. Saat ini, sejalan dengan praktik untuk semua masjid lain di Turki, masuknya pun digratiskan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)