Mengenal Robot Biologis, Bisa Hancurkan Sel Kanker hingga Gantikan Organ Tubuh yang Hilang

Senin, 04 Desember 2023 - 22:52 WIB
Robot biologis saat ini banyak dikembangkan oleh ilmuwan dengan berbagai tujuan. Foto: ist
JAKARTA - Robot biologis memiliki potensi yang besar untuk mengubah berbagai bidang kehidupan, seperti kesehatan, lingkungan, dan industri.

Tak lama lagi istilah robot biologis akan semakin sering didengar. Robot yang terbuat dari sel, jaringan, dan organ tersebut dapat dirancang untuk melakukan berbagai tugas. Misalnya, mendeteksi dan menghancurkan sel kanker, memperbaiki jaringan rusak, atau bahkan menggantikan organ yang hilang.

Robot biologis dapat dibuat dengan berbagai metode, termasuk rekayasa genetika, biologi sintetis, dan bioprinting. Rekayasa genetika dapat digunakan untuk mengubah sifat-sifat sel atau jaringan, sehingga dapat memiliki fungsi yang diinginkan.

Biologi sintetis dapat digunakan untuk membuat bahan-bahan biologis baru yang memiliki sifat-sifat yang diinginkan. Adapun bioprinting dapat digunakan untuk mencetak robot biologis langsung dari bahan-bahan biologis.

Apa Keunggulan Robot Biologis?

Robot biologis memiliki beberapa keunggulan dibandingkan robot tradisional yang terbuat dari bahan-bahan non-biologis. Robot biologis umumnya lebih ramah lingkungan, karena dapat didaur ulang atau dihancurkan dengan mudah.

Selain itu, robot tersebut lebih efisien dalam penggunaan energi, karena dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia di lingkungan. Juga, lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan, karena terbuat dari bahan-bahan yang dapat tumbuh dan berkembang.

Meski memiliki banyak keunggulan, robot biologis juga memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satu tantangan utama adalah sulitnya mengendalikan robot biologis.

Robot biologis terbuat dari bahan-bahan yang sangat kompleks, sehingga sulit untuk memprediksi perilakunya. Selain itu, robot biologis juga rentan terhadap kerusakan, karena terbuat dari bahan-bahan yang rapuh.

Beberapa contoh robot biologis yang telah dikembangkan:

1. Nanorobot

Robot berukuran sangat kecil ini dapat bergerak melalui aliran darah atau jaringan tubuh. Nanorobot dapat digunakan untuk mendeteksi dan menghancurkan sel kanker, memperbaiki jaringan yang rusak, atau bahkan menggantikan organ yang hilang.

2. Biorobot

Ukurannya lebih besar, seperti robot yang dapat berjalan atau berenang. Biorobot dapat digunakan untuk berbagai tugas, seperti membersihkan lingkungan, mendeteksi dan menghilangkan polusi, atau bahkan membantu manusia dalam tugas-tugasberbahaya.