Riset Ungkap Jadwal Tidur Siang Penguin Mencapai 10.000 Kali

Rabu, 06 Desember 2023 - 19:11 WIB
loading...
Riset Ungkap Jadwal Tidur Siang Penguin Mencapai 10.000 Kali
Penguin Gentoo adalah salah satu jenis penguin yang bisa tidur siang hingga 10.000 kali dalam sehari. FOTO/ Scientific American
A A A
ALASKA - Hasil riset sekelompok ilmuwan yang diterbitkan Makalah Science ungkap penguin membutuhkan lebih dari 10.000 tidur siang singkat per hari.



Para peneliti dari berbagai negara, yang dipimpin oleh Neuroscience Research Centre of Lyon di Prancis, melakukan penelitian dengan membiakkan penguin chinstrap dan menggunakan pemantauan remote electroencephalogram (EEG), yang mendeteksi perubahan aktivitas otak.

10.000 tidur siang selama empat detik berarti 11 jam tidur sepanjang hari, yang menurut para peneliti merupakan waktu tidur yang cukup bagi induk penguin.

“Jika tidur mikro memang memenuhi fungsi tidur, maka hewan yang dihadapkan dengan kebutuhan kewaspadaan yang terus-menerus mungkin akan menggunakan strategi tidur ini,” ungkap studi tersebut seperti dilansir dari Unilad, Rabu (6/12/2023).

Penguin dikenal sebagai hewan yang suka tidur. Mereka bisa tidur siang hingga ribuan kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan penguin memiliki kebiasaan tidur yang unik, yaitu dengan tidur dalam durasi singkat dan berulang-ulang.

Tidur siang penguin biasanya berlangsung selama beberapa detik, bahkan hanya beberapa menit. Mereka bisa tidur sambil berdiri, duduk, atau berbaring. Saat tidur, penguin akan menutup matanya dan menurunkan kepalanya.

Ada beberapa alasan mengapa penguin suka tidur siang. Salah satunya adalah untuk menghemat energi. Penguin adalah hewan yang hidup di daerah kutub yang dingin.

Mereka harus berenang dan mencari makan dalam air yang dingin, sehingga membutuhkan banyak energi. Dengan tidur siang, penguin bisa menghemat energi dan tetap fit untuk melakukan aktivitasnya.

Alasan lain mengapa penguin suka tidur siang adalah untuk menjaga keseimbangan suhu tubuhnya. Penguin memiliki tubuh yang ramping dan tidak memiliki bulu yang tebal.

Hal ini membuat mereka rentan terhadap suhu dingin. Dengan tidur siang, penguin bisa menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil.

Tidur siang penguin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatannya. Tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk penguin.

Tidur siang dapat membantu penguin untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi stres.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)