Tak Disangka, 7 Teknologi Modern Ini Berasal dari Peradaban Kuno Mesopotamia

Kamis, 24 Agustus 2023 - 20:05 WIB
loading...
Tak Disangka, 7 Teknologi Modern Ini Berasal dari Peradaban Kuno Mesopotamia
Sumbangsih peradaban Mesopotamia ternyata sangat besar untuk dunia modern. (Ilustrasi: World Atlas)
A A A
JAKARTA - Sumbangsih peradaban Mesopotamia ternyata sangat besar untuk dunia modern. Tercatat ada tujuh penemuan dari era tersebut yang masih dipakai hingga hari ini.

Peradaban Mesopotamia diperkirakan sudah berkembang pada 10.000 SM, di wilayah Asia Barat antara dua sungai besar, yaitu Sungai Eufrat dan Tigris. Wilayah ini sekarang dikenal sebagai Republik Irak. Lantaran tanahnya yang subur dan penguasaan teknik irigasi, maka penduduknya dari Bangsa Ubaid hidup makmur.

Secara bergiliran bangsa lain juga berdatangan. Di antaranya, bangsa Sumeria pada 4.000 SM dan Bangsa Semit. Lalu bangsa Akkadia, Babilonia, Assyria, dan Babilonia Baru. Dari sinilah peradaban besar berkembang di Mesopotamia dan tercatat sebagai salah satu yang tertua di dunia.

Tak hanya berjaya di masanya, sumbangsih peradaban Mesopotamia ternyata juga masih lestari hingga saat ini. Penemuan-penemuan seperti roda, perahu layar, ilmu matematika, ilmu astronomi, pabrik batu bata, kalender hingga bir semua berasal dari zaman Mesopotamia.

Dikutip dari World Atlas, Kamis (24/8/2023), berikut penemuan-penemuan dari era Mesopotamia yang masih dipakai di dunia modern.



1. Roda

Roda merupakan penemuan penting bagi umat manusia. Dari sepeda hingga mobil saat ini semua memakai roda. Para sejarawan mencatat roda sudah ditemukan sekitar 4.000 SM di Mesopotamia. Awalnya, roda dipakai untuk membuat tembikar. Meski sederhana dengan bentuk cakram kayu solid, inovasi ini perlahan muncul di peradaban lain dan menjadi komponen penting dalam alat transportasi.

2. Matematika

Matematika sangat penting untuk peradaban manusia. Tak hanya untuk materi pembelajaran di sekolah tapi juga kepentingan praktis seperti membuat cetak biru gedung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)