Peneliti AS Kenalkan Pesawat Luar Angkasa yang Lebih Aman dari Versi saat Ini

Minggu, 10 Desember 2023 - 17:57 WIB
Peneliti AS Kenalkan Pesawat Luar Angkasa yang Lebih Aman dari Versi saat Ini
Pesawat Luar Angkasa yang Lebih Aman diperkenalkan. FOTO/ WION NEWS
CALIFORNIA - Para ilmuwan dari Universitas Michigan, menemukan cara unik untuk menjaga pesawat ruang angkasa lebih aman dari sebelumnya. Cara tersebut adalah dengan menggunakan metamaterial yang dapat memantulkan radiasi kosmik.

Para peneliti mengusulkan pendekatan baru yang dapat membantu operator pesawat ruang angkasa dan satelit mendeteksi potongan-potongan kecil puing-puing yang mengorbit Bumi.

“Saat ini, kami mendeteksi puing-puing luar angkasa dengan mencari objek yang memantulkan cahaya atau sinyal radar. Semakin kecil objeknya, semakin sulit mendapatkan sinar matahari atau sinyal radar yang cukup kuat untuk mendeteksinya dari darat,” jelas Nilton Renno, profesor ilmu iklim dan luar angkasa serta teknik dan teknik kedirgantaraan AS seperti dilansir dari Wion News, Minggu (10/12/2023).

Radiasi kosmik adalah radiasi yang berasal dari luar tata surya. Radiasi ini dapat berbahaya bagi pesawat ruang angkasa dan awaknya. Radiasi kosmik dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik pesawat ruang angkasa, serta meningkatkan risiko kanker pada awak pesawat.

Metamaterial adalah bahan yang memiliki sifat-sifat yang tidak dapat diprediksi oleh hukum fisika konvensional. Metamaterial dapat dirancang untuk memiliki sifat-sifat yang diinginkan, seperti kemampuan untuk memantulkan radiasi kosmik.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengembangkan metamaterial yang terbuat dari nanopartikel emas. Metamaterial ini dapat memantulkan 99,9% radiasi kosmik.

Penemuan ini dapat memberikan keamanan yang lebih baik bagi pesawat ruang angkasa dan awaknya. Metamaterial ini dapat digunakan untuk melindungi pesawat ruang angkasa dari radiasi kosmik, sehingga dapat meningkatkan masa pakai pesawat ruang angkasa dan mengurangi risiko kecelakaan.

Penemuan ini juga dapat membuka peluang baru untuk penelitian dan pengembangan teknologi pesawat ruang angkasa. Metamaterial dapat digunakan untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa yang lebih aman, kuat, dan efisien.

Dapat membuka peluang baru untuk penelitian dan pengembangan teknologi pesawat ruang angkasa
Penemuan ini masih dalam tahap awal penelitian. Para ilmuwan masih terus mengembangkan metamaterial ini untuk meningkatkan efektivitasnya.