Perbandingan Sistem Rudal THAAD AS vs Kh-47M2 Rusia, Mana Lebih Canggih?

Senin, 11 Desember 2023 - 17:59 WIB
loading...
Perbandingan Sistem Rudal THAAD AS vs Kh-47M2 Rusia, Mana Lebih Canggih?
Perbandingan sistem rudal THAAD milik Amerika Serikat (AS) dengan Kh-47M2 dari Rusia. Foto/Missile Threat
A A A
JAKARTA - Perbandingan sistem rudal THAAD milik Amerika Serikat (AS) dengan Kh-47M2 dari Rusia menarik untuk diulas. Keduanya diketahui menjadi persenjataan mumpuni yang memiliki kemampuan mengerikan.

Pada perkembangannya, negara-negara di dunia terus meningkatkan kekuatan militernya. Tak hanya kualitas tentara saja, sejumlah negara juga saling bersaing guna merancang persenjataan yang canggih.

Salah satu yang cukup sering dibuat adalah sistem rudal. Tercatat, ada banyak sistem rudal di dunia yang menarik perhatian, seperti THAAD milik Amerika Serikat dan KH-47M2 dari Rusia.

Jika mencoba membandingkan di antara keduanya, manakah yang lebih canggih? Simak ulasannya berikut.

Perbandingan Sistem Rudal THAAD vs Kh-47M2


1. Rudal THAAD

Perbandingan Sistem Rudal THAAD AS vs Kh-47M2 Rusia, Mana Lebih Canggih?


THAAD merupakan singkatan dari Terminal High Altitude Area Defense. Sistem sistem pertahanan ini memiliki kemampuan mampu mencegat rudal balistik musuh yang masuk radar.



Mengutip Missile Threat, THAAD mulai dikembangkan pada 1992. Setelah serangkaian proses, uji coba pertamanya dilakukan pada April 1995.

Awalnya, perancangan THAAD terbilang kurang mulus. Sempat mengalami sejumlah kegagalan, Angkatan Darat Amerika Serikat memilih untuk mendesain ulang sistem rudal tersebut.

Akhirnya, THAAD mulai beroperasi bersama Angkatan Darat AS pada 2009. Melihat spesifikasinya, peluncur rudal THAAD memiliki panjang 6,2 meter, diameter 0,4 meter, dan bobot 662 kg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)